Sukses

Induksi usia kehamilan 37 minggu?

25 Sep 2018, 08:49 WIB
Wanita, 25 tahun.

Sore dokter. Sy mau tanya, bolehkah melakukan persalinan dengan cara induksi di usia kehamilan 37 mggu? Aman atw tidak?trimaksih

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Jika kehamilan Anda memang telah cukup bulan, Anda dapat memicu terjadinya kontraksi rahim untuk membantu mempercepat proses kelahiran dengan beberapa cara alami seperti:

  • Dengan meningkatkan frekuensi berjalan kaki.
  • Dengan melakukan stimulasi terhadap puting susu.
  • Dengan melakukan hubungan seksual. Cairan ejakulasi mengandung prostaglandin dan saat orgasme tubuh wanita akan melepaskan oksitosin. Prostaglandin dan oksitosin merupakan hormon yang dapat memicu terjadinya kontraksi rahim.
  • Lakukanlah aktivitas-aktivitas tersebut secara rutin. Kehamilan cukup bulan berkisar antara 37-41 minggu. Untuk itu, jika usia kehamilan Anda saat ini ada pada 37, masih dapat dilakukan induksi persalinan secara alami terlebih dahulu.

Selain itu, mengingat pentingnya wawancara medis yang mendetail, pemeriksaan fisis secara langsung, dan pemeriksaan penunjang tertentu, kami juga menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang menangani Anda untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut guna menentukan penanganan yang paling sesuai bagi Anda sesuai dengan kondisi kehamilan saat ini.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar