Sukses

Berat Badan Bayi Lebih

24 Sep 2018, 22:14 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok mau tanya...anak saya berumur 6 bulan setengah bbnya skrg dh 10kg,pas lahir mmg bbnya dh 4.1kg. Dan skrg sdh mulai mpasi da alhamdulillah maemnya gampang,yg saya mau tny kan kira ank saya dg bb segitu beresiko harus saya batasi porsi makannya ga dok biar ga kelbihan bb nya dan kira2 porsi makannya harus spt apa?mohon penjelasannya dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Sebenarnya, pertambahan BB bayi bisa dilihat per triwulan. Pada triwulan I, kenaikan BB berkisar 150-250 gram/minggu, triwulan II kenaikannya 500-600 gram/bulan, triwulan III naik 350 – 450 gram/bulan, dan triwulan IV sekitar 250-350 gram/bulan

Untuk melihat normal-tidaknya BB bayi adalah saat usianya mencapai 6 bulan dan 1 tahun. Di usia 6 bulan, BB bayi harus mencapai 2 kali lipat berat lahir dan menjadi 3 kali lipatnya pada usia 1 tahun. Kurang dari ini, BB nya bisa disebut rendah atau bayi kurus. 

Untuk saat ini, berat bayi anda terbilang lebih. Meskipun bayi tidak dapat diberikan terapi diet seperti orang dewasa yang kelebihan berat badan, namun mencegah bayi tumbuh dengan resiko obesitas sangatlah perlu dicegah dengan beberapa cara seperti yang dianjurkan, yaitu dengan cara:

  • Memberikan hanya ASI pada bayi selama mungkin.
  • Lebih memperhatikan isyarat lapar dan kenyang pada bayi.
  • Menghindari minuman dengan tambahan pemanis ataupun gula.Dilarang memperkenalkan makanan padat sebelum usia 4 bulan.
  • Memastikan bayi mendapatkan tidur nyenyak sebanyak 12 jam atau lebih dalam sehari.
  • Meberikan kesempatan agar bayi bergerak lebih leluasa dibandingkan dengan membatasi mereka dengan duduk di kereta dorong atau hanya di kursi bayi.
  • Hindari paparan makanan siap saji batasi waktu di depan TV atau monitor lainnya.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan Semoga bermanfaat.

Salam sehat

0 Komentar

Belum ada komentar