Sukses

Wajah Kedutan Dan Jantung Berdebar-debar

24 Sep 2018, 19:55 WIB
Wanita, 25 tahun.

Saya sering mengalami kedutan di daerah wajah beberapa bulan belakangan ini. Kedutan tersebut terjadi mulai dari di kelopak mata, alis, bahkan sekarang bibir. Saya takut. Saya memiliki riwayat kolesterol tinggi. Apa yang sebaiknya saya lakukan? Apakah ada hubungannya dengan kolesterol saya (padahal beberapa waktu belakangan ini saya menjaga makanan saya)? Di lain sisi, saya juga sering merasakan dada berdebar-debar. Saya memang memiliki pekerjaan dengan tingkat stress yang tinggi, membuat saya gampang marah, kecewa tapi saya cenderung tertutup. Mohon bantuannya, dokter... Terimakasih sebelumnya 🙏

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Wajah Kedutan Dan Jantung Berdebar-debar.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Seberapa sering kedutan tersebut muncul? Apakah mengganggu bapak? Kedutan di wajah dapat disebabkan oleh fasikulasi atau tick fasialis. Tick fasialis biasanya melibatkan sekumpulan otot wajah. Bila kedutan hanya bagian di bawah mata saja, biasanya disebut fasikulasi.Kebanyakan penyebabnya datang dari stres, fatigue/lelah, emosi, kelebihan konsumsi kafein, atau kurangnya kalium dalam makanan.Seringkali kedutan dapat hilang sendiri, baik dalam beberapa menit ataupun beberapa hari tanpa ada gejala sisa. Namun, jika terjadi secara terus menerus harus ditelusuri kembali lebih jauh penyebab yang mendasari.

Bila kedutan terjadi hampir di sekumpulan otot wajah, kemungkinan disebabkan tick fascialis.

Keluhan berdebar-debar  memang dapat merupakan pertanda adanya masalah pada jantung. Namun selain itu, jantung berdebar juga dapat disebabkan oleh hal lain:

  1. Adanya serangan panik, rasa khawatir, takut, stres.

  2. Latihan fisik yang terlalu berat.

  3. Konsumsi kafein (kopi), nikotin (rokok), alkohol, obat flu.

  4. Penyakit tiroid, kadar gula darah yang rendah, kurang darah (anemia), tekanan darah rendah, demam atau dehidrasi (kekurangan cairan)

  5. Perubahan hormon seperti selama menstruasi, kehamilan.

  6.  Obat-obat pelangsing, asma.

  7.  Suplemen herbal dan nutrisi tertentu.

  8. Kadar elektrolit dalam darah yang tidak seimbang/normal.

  9. Makanan tinggi karbohidrat, tinggi gula, tinggi lemak, tinggi  garam dan tinggi MSG                 

Keluhan-keluhan yang Anda alami memang dapat berhubungan dengan stres yang sedang Anda alami. Namun, guna memastikan kondisi Anda sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Wajah Kedutan Dan Jantung Berdebar-debar. Semoga bermanfaat.

Salam,

1 Komentar