Sukses

Pengobatan TBC Paru

24 Sep 2018, 19:18 WIB
Pria, 22 tahun.

Selamat malam dok, saya adalah penderita TB paru (cek dahak negatif, hasil rontgen positif). Saya sekarang sudah memasuki 5 bulan pengobatan. Kejadian hari ini sebelumnya saya sedang main tenis nah tiba" saya terbatuk dan mengeluarkan darah, nah yng saya ingin tanyakan apakah pengobatan saya gagal dok ? Padahal saya sudah makan obat rutin setiap hari di jam yang sama.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Pengobatan TBC Paru.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Batuk berdarah memang menjadi salah satu gejala dari penyakit TBC paru. Namun, batuk atau lendir yang berdarah saat batuk dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti, darah yang keluar bersumber dari rongga mulut (gigi atau gusi) yang ikut terbawa keluar bersama saat Anda batuk, adanya luka lecet pada saluran pernafasan akibat batuk yang terlalu dipaksa (pada perokok aktif, atau radang saluran pernapasan atas) yang menyebabkan rasa gatal dan memicu batuk berulang.

Untuk memastikan keberhasilan pengobatan pada TBC paru, perlu dilakukan pemeriksaan rontgen dan dahak lagi. Oleh karena itu, kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui lebih jelas penyebab dari batuk berdarah yang Anda alami tersebut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Pengobatan TBC Paru. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar