Sukses

Wifi dan Kanker

24 Sep 2018, 16:15 WIB
Pria, 34 tahun.

dok saya mau tanya apa benar radiasi wifi bisa menimbulkan kanker pada anak? apa benar penyakit kanker itu hanya ada pada keturunan??

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Wifi Sebabkan Kanker.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Ada yang mengatakan bahwa Wifi bisa memicu kanker. Namun pernyataan ini hingga kini belum terbukti. Wi-Fi mempunyai energi untuk melancarkan gelombang elektromagnetik, namun gelombang ini masih jauh lebih rendah dibandingkan dengan tingkatan gelombang yang dibutuhkan untuk dapat merusak DNA sehingga tidak ada mekanisme yang mendukung teori bahwa Wi-Fi memiliki efek karsinogenik (bersifat menyebabkan penyakit kanker).

Memang benar bahwa wifi memiliki frekuensi yang sama seperti radiasi gelombang mikro, tapi dikarenakan memiliki daya yang sangat rendah, efek radiasi yang ditimbulkan untuk mencapai efek kerusakan materi genetik tidak dapat dibuktikan.

Ada pula klaim yang mengatakan bahwa sinyal wifi dapat membahayakan otak anak dan bisa menimbulkan kanker otak. Hal inipun masih kontroversial sebab seperti yang sudah dijelaskan tadi, wifi merupakan gelombang elektromagnetik yang sangat lemah, bahkan lebih lemah daripada sinyal microwave.

Namun demikian, pada orang-orang tertentu yang sangat sensitif terhadap radiasi, wifi dapat memicu beberapa gejala seperti sakit kepala, mual, lemas, dan pandangan kabur.

Banyak penelitian yang dilakukan untuk mencari efek samping dari radiasi elektromagnetik yang dikeluarkan oleh telepon genggam. Penelitian-penelitian tersebut terutama berhubungan dengan efek radiasi terhadap otak. Pada binatang, ditemukan bahwa frekuensi radio telepon genggam dapat mempercepat pertumbuhan kanker. Namun, belum ada penelitian yang dapat membuktikan bahwa radiasi tersebut berbahaya bagi kesehatan manusia atau sebaliknya. Karena itu masih terus dilakukan penelitian dalam hal ini. Untuk kesehatan mata, melihat dengan jarak dekat terus menerus dapat membuat mata lelah (astenopia).

Walaupun hal-hal ini perlu diteliti lebih lanjut, tidak ada salahnya kita berhati-hati, dengan mengurangi paparan radiasi telepon genggam pada tubuh, baik pada kepala maupun organ bagian bawah tubuh. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Wifi Sebabkan Kanker. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar