Sukses

Penyebab Kista Ovarium

24 Sep 2018, 16:15 WIB
Pria, 31 tahun.

Dok saya wanita umur 31 tahun...tahun 2013 saya mulai bekerja bermotoran 50 km setiap harinya..namun setahun kamudian saya divonis terdapat kista 14 cm..lalu saya oprasi dan menikah dtahun 2014..usia pernikahan saya saat ini 4 tahun namun belum dikaruniai anak..1 tahun lalu saya divonis lagi terdapat kista kanan 7 cm kiri 5 cm..saya hanya berobat..lalu kemaren saya memeriksakan kembali kista saya di dokter yg berbeda turun 3 cm namun bertambah ada isi miom 8 cm di dinding rahim saya..dokter menyarankan saya untuk promil..yg saya tanyakan apakah bermotoran setiap hari 50 km  setiap hari termasuk faktor tumbuhnya kista? Apakah miom 8 cm di dinding rahim saya tidak berbahaya masih bisa promil dan tidak perlu di operasi? Apakah di usia saya saat ini masih bisa promil? Apakah kista dan miom tidak membahayakan jika saya hamil? Terimakasih dok sebelumnya

Terima kasih telah bertanya tentang Penyebab Kista Ovarium melalui fitur Tanya DokterHalo,

Kista ovarium atau kista indung telur adalah kantung yang berisi cairan yang ditemukan di ovarium. Selama fase menstruasi, ovarium akan menghasilkan telur dari pematangan kantung yang disebut folikel. Kebanyakan dari kista ini tidak berbahaya atau dibilang sebagai kista yang fungsional. Hanya sekitar 4-10% yang mengalami gangguan kista serius.

Kista yang fungsional dapat tumbuh sampai sebesar 6 cm namun umumnya tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak diperlukan terapi apapun.

Kista yang patologis atau tidak normal antara lain adalah kista dermoid (terbentuk dari sel-sel yang memproduksi sel telur), kistadenoma (terbentuk dari jaringan ovarium dan dapat berisi cairan atau lendir), endometrioma (terbentuk karena adanya endometriosis). Untuk mengetahui penyebabnya, perlu mengetahui jenis kistanya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan tentang Penyebab Kista Ovarium. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar