Sukses

Warna Darah Haid
24 Sep 2018, 08:40 WIB
Wanita, 20 tahun.

Permisi dok, saya mau tanya. Desember lalu saya mengalami keguguran, dari januari mengalami haid hanya saja tidak normal. Pada bulan Januari-Mei mengalami haid normal. Tetapi sehabis itu sampai sekarang terkadang suka mengeluarkan darah coklat, yg kadang kental ke merahan. Itu kenapa ya dok?

Terima kasih telah bertanya seputar warna darah haid melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai darah haid. Darah haid terdiri dari 3 komponen yaitu cairan darah, lendir, dan jaringan dinding rahim (endometrium). Warna darah haid tidak selalu merah segar, tetapi bisa berwarna agak kecoklatan atau kehitaman. Hal ini dipengaruhi oleh keadaan asam/basa dan cairan vagina.

Darah haid akan berwarna merah segar jika komposisi darah lebih banyak, warna kecoklatan jika lendir lebih banyak, dan warna kehitaman jika jaringan yang lebih banyak. Jumlah darah haid dan komponennya pun bisa berubah, tergantung kondisi perempuan saat mengalami haid. Wanita dengan anemia atau kadar hemoglobin rendah biasanya warna darah haid lebih gelap sampai kehitaman.

Yang terpenting untuk diperhatikan bukanlah warna darah, tapi siklus menstruasi, durasi, dan volume perdarahan. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, selama 2-8 hari, dan volume darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari (1-6 pembalut per hari). Jadi Anda tidak perlu khawatir jika siklus menstruasi, durasi, dan volume perdarahan masih dalam batas normal.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar warna darah haid , Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar