Sukses

Punggung Anak Basah Saat Tidur, TB Paru Kah?

23 Sep 2018, 19:39 WIB
Wanita, 26 tahun.

Malam dok... Saya mau tanya dok. Anak saya klu tidur punggunganya sering basah. Tp dia anaknya aktif disiang hari. Yg saya takutkan terkena flek paru", coba penjelasanya dok . mengenai gehala dan pengobatanya. Terima kasig

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Namun sesungguhnya, keringat berlebih pada anak sering dipengaruhi oleh suhu dan kelembaban lingkungan. Cuaca panas di negara tropis seperti Indonesia memang membuat mudah berkeringat. Meski lebih banyak berada dalam rumah, kelembapan udara yang cukup tinggi dan udara yang panas tetap membuatnya berkeringat. Berkeringat merupakan mekanisme tubuh untuk mengatur suhu tubuh.

Memang betul bahwa keringat banyak apalagi bila terjadi di malam hari bisa berhubungan dengan infeksi TB paru. Akan tetapi, keluhan ini tidak khas pada anak. Begitupun dengan keluhan batuk berdahak lebih dari 2-3 minggu yang umumnya terjadi pada pasien TB paru dewasa. Pada anak, biasanya batuk ini tidak ada. Yang lebih nampak ialah penurunan berat badan dan gangguan tumbuh kembang, serta adanya demam yang hilang timbul. 

Tapi, bila Anda tetap khawatir, tak ada salahnya memeriksakan si Kecil ke dokter anak.

Semoga si Kecil sehat selalu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar