Sukses

Mandi Setelah Shift Malam

23 Sep 2018, 19:08 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, saya bekerja dari jam 7 - jam 6, (pagi & malam) 11 jam diruang ber ac. Kalau sepulang kerja mandi apakah aman untuk kesehatan saya dok? Gimana dengan shift malam? Terimakasih banyak sebelumnya.

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Mandi selepas shift malam tidak membuat kondisi fisik menurun. Justru sebaliknya, membuat Anda merasa rileks dan mampu istirahat dengan nyenyak.

Adanya shift malam, tentu membuat pola hidup Anda berubah-ubah, cenderung tidak teratur.

Jam kerja tidak teratur memang berisiko membuat metabolisme tubuh menjadi berubah. Waktu yang seharusnya digunakan untuk penyerapan dan perbaikan sel-sel (di malam hari saat tidur), justru dipakai untuk bekerja.

Hal ini memang tak bisa dihindari, kecuali Anda berpindah pekerjaan. Akan tetapi, ada beberapa hal yang bisa membuat Anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai risiko penyakit, terutama diabetes, penyakit jantung, dan hipertensi.

Secara umum, ada 4 hal yang mempengaruhi pola hidup, yaitu pola makan, pola tidur, aktifitas fisik, dan stres. Bila Anda dapat mengoptimalkan semuanya, hidup Anda akan sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

  • Pola makan yang dianjurkan adalah makan teratur (3x sehari makan utama, ditambah 2x camilan di antaranya bila perlu), dengan porsi wajar (terukur) dan komposisi yang seimbang. Komposisi yang baik adalah tinggi protein, mengandung karbohidrat sehat (karbohidrat kompleks/serat), dan rendah lemak jenuh.
  • Pola tidur yang baik yaitu mencakup kecukupan waktu tidur malam yaitu 7,5-9 jam sehari.
  • Aktifitas fisik, dianjurkan 5x30 menit per minggu. 
  • Pengelolaan stres dengan memiliki lingkungan sosial yang baik (hubungan interpersonal yang baik) dan mengetahui cara-cara untuk mengatasi stres pekerjaan dan stres lainnya.

Artikel-artikel berikut mungkin dapat membantu Anda:

Semoga Anda dapat menjalani gaya hidup yang sehat seoptimal mungkin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    1 Komentar

    • Vic******aromah

      Terimakasih dok. Tapi apa tidak bermasalah dengan ruangan ber ac? Karena banyak yg bilang menyebabkan paru2 basah dan sebagainya