Sukses

Penyembuhan Luka Operasi Sesar

23 Sep 2018, 06:36 WIB
Pria, 25 tahun.

saya melakukan operasi cesar anak kedua pada tanggal 10 september 2018 dan berjalan lancar,setelah 3 hari saya diberikan plester anti air dan sudah boleh pulang,,setelah 6 hari saya kebidan karena saya melihat rembes sedikit flek darah pada perban,alhasil perban diganti oleh bidan dan pada 3 hari setelahnya karena saya merasa masih ada darah di perban saya kembali ke dokter kandungan untuk konsultasi,,perban dibuka dan dinyatakan tidak apa apa...setelah bekas darah dibersihkanmenggunakan kasa dan alkohol mungkin,,,dokter memberikan cream nsc ( novell smoothing cream ) tapi 2 hari setelahnya darah masih keluar sedikit2...dan saya google cream yg diberikan dokter hanya untuk luka yang sudah benar2 sembuh,,,kira kira ini kenapa dok,,dan amankah cream tersebut,,saya sangat takut..

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Ibu yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Saya ucapkan selamat atas kelahiran anggota baru dalam keluarga Anda.

Luka operasi memang perlu dirawat dengan baik. Waktu penyembuhan luka yang diperlukan setelah operasi bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll). Dalam keadaan normal, penyembuhan luka operasi dapat memakan waktu selama kurang lebih 6 minggu. 

Untuk mendukung proses penyembuhan luka operasi, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka operasi agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kassa lembap yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% atau air masak yang bersih minimal 2x/hari. Ketika akan mengganti kassa, jangan lupa membasahi kassa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru. 

Kami tidak menyarankan penggunaan obat-obatan yang tidak dikonsultasikan langsung dengan dokter yang merawat Anda. Kami rekomendasikan agar Anda mendiskusikan penggunaan obat tersebut dengan dokter yang merawat Anda. Pada kasus Anda tidak masalah menggunakan krim yang diberikan dokter Anda karena dokter tersebut pastinya memiliki pertimbangan khusus dalam memberikan krim tersebut.

Semoga Anda cepat pulih, Ibu dan bayi sehat selalu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar