Sukses

Penyembuhan Luka Operasi

22 Sep 2018, 15:34 WIB
Pria, 25 tahun.

saya susi sunarti wanita 25 tahun,,kemarin melakukan operasi cesar anak kedua pada tanggal 10 september 2018 dan berjalan lancar,setelah 3 hari saya diberikan plester anti air dan sudah boleh pulang,,setelah 6 hari saya kebidan karena saya melihat rembes sedikit flek darah pada perban,alhasil perban diganti oleh bidan dan pada 3 hari setelahnya karena saya merasa masih ada darah di perban saya kembali ke dokter kandungan untuk konsultasi,,perban dibuka dan dinyatakan tidak apa apa...setelah bekas darah dibersihkan menggunakan kasa dan alkohol mungkin,,,dokter memberikan cream nsc ( novell smoothing cream ) tapi 2 hari setelahnya darah masih keluar sedikit2,,tapi nyeri dan kemerahan apakah itu normal..?...dan saya browsing beberapa artikel,, cream yg diberikan dokter hanya untuk luka yang sudah benar2 sembuh,,,kira kira ini kenapa dok,,dan amankah cream tersebut,,saya sangat takut..mohon bantuan masukannya dokter.. :(

Terima kasih telah bertanya tentang penyembuhan luka operasi menggunakan fitur Tanya Dokter KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Bila luka tersebut telah dijahit kembali oleh dokter, maka besar kemungkinan bisa menyatu kembali. Yang terpenting adalah bagaimana Anda merawat bekas luka operasi tersebut agar tidak terjadi infeksi lagi. Selain rembesan darah, apakah terdapat nanah atau cairan kekuningan? Apakah ada gejala seperti demam?

Waktu penyembuhan luka yang diperlukan setelah operasi bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll). Dalam keadaan normal, penyembuhan luka dapat memakan waktu selama kurang lebih 6 minggu. 

Untuk mendukung proses penyembuhan luka, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Basah/ lembab merupakan 'musuh' dari penyembuhan luka. Kondisi basah/ lembab menjadi sarang bertumbuhnya kuman yang bisa menyebabkan peradangan dan menunda penyembuhan luka.  Cara terbaik adalah mengganti perban/ kassa pembungkus tiap kali basah akibat keringat/ air mandi, yang terpenting adalah menjaga luka tetap kering. 

Bekas luka yang basah dapat menandakan telah terjadi infeksi luka, terutama bila telah keluar nanah dari luka tersebut. Untuk perawatannya yaitu berikan salep antibiotik, selalu ganti kain kasa pembungkus saat telah basah, dan jangan sampai luka basah saat mandi. Lebih baik Anda meminta bantuan dokter/ tenaga kesehatan untuk merawat luka bila sulit untuk melakukannya sendiri dirumah.Minumlah obat yang di berikan oleh dokter (misalnya obat antinyeri dan obat antibiotik) dengan teratur.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang penyembuhan luka operasi , semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar