Sukses

Perbedaan Karies Gigi, Gigi Berlubang Dan Karang Gigi

21 Sep 2018, 23:07 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya masi bingung tentang perbedaan karies gigi ,gigi berlubang , dengan karang gigi ..bagaimana cara mbedakan secara kasat mata dari 3 nya

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Berikut penjelesan tentang karies gigi, gigi berlubang dan karang gigi.

Karies gigi adalah suatu penyakit kronis yang terjadi pada gigi. Disebut kronis karena proses perjalanan penyakit ini tergolong lama, dan tidak menyebabkan keluhan yang signifikan. Kondisi ini umumnya hanya menyebabkan timbulnya bercak putih, cokelat, atau kehitaman pada gigi.

Gigi berlubang adalah rusaknya enamel gigi akibat karies gigi yang tidak dicegah. Kerusakan yang terjadi pada gigi berlubang dapat menjalar ke lapisan di bawah enamel, yaitu dentin.Bahkan pada tahap selanjutnya juga bisa menembus ruang pulpa.

Sedangkan Karang gigi, Permukaan gigi kita tidak pernah betul-betul bersih. Segera setelah kita sikat gigi pun, lapisan tipis (disebut biofilm) akan segera terbentuk, yang mengandung banyak sekali mikroorganisme baik maupun jahat, dan akan bergabung dengan sisa makanan yang kemudian disebut plak gigi.

Plak akan "matang" setelah 1-2 hari tanpa penyikatan gigi sama sekali, dan mengandung material organik seperti lemak, protein dan enzim serta material anorganik yaitu mineral terutama kalsium dan fosfor. Plak yang menumpuk dapat menyebabkan peradangan pada gusi, akibatnya gusi bengkak, warnanya merah terang, dan mudah berdarah. Kondisi ini juga dapat menyebabkan bau mulut karena plak akan diolah oleh bakteri dan menghasilkan senyawa sulfur yang menjadi sumber bau tak sedap. Bila tidak dibersihkan secara optimal, mineral-mineral yang berasal dari plak, air liur dan makanan akan terdeposit di dalam plak sehingga lama kelamaan plak akan mengeras, itulah yang disebut karang gigi (dental calculus).

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar