Sukses

Kebiasaan Tidur Larut Malam dan Sakit Kepala

21 Sep 2018, 22:22 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok saya mau tanya,saya kan akhir2 ini sering bgt tidur larut malam jam 1 atau jam 2,dan paginya saya merasakan pusing yg yang sangat sakit,dan bibir saya kering pecah2.menurut saya kalopun itu karna kurang tidur,saya rasa tidur saya cukup karna saya biasanya kalo tidur malam bangunnya agak siang dok.dan rasa sakit kepala saya ini setiap saya naik motor ada jalan yg berlubang atau apalah itu t(kalo bahasa saya semacam ada guncangan saat naik motor)dan kepala saya terasa sakit yg luar biasa.kira2 apa penyebabnya dok dan saya harus bagaimana agar rasa sakit itu hilang?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Pada orang dewasa, kebutuhan tidur sehari minimal 7-8 jam. Kebiasaan bergadang atau kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah/penyakit seperti peningkatan berat badan, penyakit jantung, hipertensi, menurunnya konsentrasi, penuaan dini, dan lain-lain. 

Jika Anda kurang tidur, waktu yang Anda butuhkan untuk tidur akan meningkat. Dan jika Anda secara konsisten melewatkan waktu tidur, ‘hutang’ tidur Anda akan mengganggu dan mempengaruhi kesehatan dan kualitas hidup Anda. Jika Anda terlalu banyak memiliki ‘hutang’ tidur, maka tidur panjang saat akhir pekan tidak akan menghapus ‘hutang’ tidur Anda. Hal tersebut justru akan mengganggu jam biologis Anda, sehingga Anda akan memiliki kesulitan untuk tidur di malam hari dan bangun tepat waktu pada pagi hari.

Bergadang sewaktu-waktu mungkin tidak menimbulkan masalah, namun jika terlalu sering dapat menimbulkan masalah kesehatan pada tubuh Anda di masa depan.

Terdapat beberapa penyebab sakit kepala dan perlu diketahui bahwa sakit kepala umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh pola makan tidak teratur, kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll. Sedangkan keluhan pusing biasanya disebabkan oleh vertigo.

Sebagian besar nyeri kepala di daerah belakang dan leher disebabkan oleh tension type headache (TTH). Bila keluhan sakit kepala seperti tertindih benda berat/diikat dan melibatkan otot-otot leher maka kemungkinan Anda mengalami TTH. Sakit kepala tipe ini seringkali disertai dengan adanya rasa sakit/kaku di bagian leher/tengkuk, yang dapat juga menjalar hingga ke punggung, mata atau otot-otot lainnya di tubuh.

Sekitar 60% penderita migrain akan merasakan sakit kepala sebelah dan berdenyut. Disamping sakit kepala, biasanya penderita migrain juga dapat mengalami gangguan penglihatan (seperti sakit saat melihat cahaya) atau gangguan fungsi sensoris lainnya (seperti baal atau kesemutan pada kaki) beberapa saat sebelum mengalami sakit kepala, yang dikenal dengan istilah aura. Namun, tidak semua penderita migrain mengalami aura sebelum sakit kepala muncul, hanya sekitar 35% migrain yang disertai dengan aura (migrain klasik).

Untuk memastikan diagnosis keluhan Anda, kami sarankan Anda berkonsultasi kembali kepada dokter spesialis syaraf untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh serta pemeriksaan penunjang seperti ct scan atau MRI bila diperlukan. Karena seyogyanya untuk mendiagnosis dibutuhkan pemeriksaan fisik sehingga sulit bagi kami untuk mendiagnosis keluhan Anda.

 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar