Sukses

Badan Berkedut dan Tangan Gemetar

21 Sep 2018, 21:10 WIB
Pria, 22 tahun.

dok saya mau tanya, badan saya sering berkedut hampir disemua bagian, tangan,kaki,perut,punggung,dan paha, dan itu terjadi setiap hari, satu hari bisa sampai lebih dari 5 kali dan mungkin lebih,karena sy tdk menghitungnya dok,kedua tangan saya juga sering gemetar sedangkan sy baru berusia 22 tahun,mohon penjelasannya dok,sy takut kalo ini bisa jadi serius. terimakasih

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun mari kita samakan persepsi mengenai kedutan terlebih dahulu. Kedutan adalah sebuah kontraksi involunter dari otot. Biasanya orang akan mendeskripsikannya sebagai sebuah gerakan kecil pada bagian otot tertentu, umumnya daerah wajah.

Seberapa sering kedutan tersebut muncul? Apakah mengganggu Anda? Sudah berapa lama keluhan muncul? Hal yang dapat mencetuskan kedutan biasanya adalah hipokalsemia (kekurangan kalsium dalam darah). Cara mengatasinya dapat dengan menambah suplemen kalsium.

Selain itu, apakah ada gejala lain seperti kelemahan wajah atau nyeri bagian tertentu? Apakaha ada riwayat berolah raga keras sebelumnya? Untuk menegakkan diagnosis dan mendapatkan terapi yang tepat, Anda perlu berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis saraf (neurolog). Bila tidak membaik dengan suplemen kalsium, kami menyarankan Anda untuk berobat ke dokter. 

Keluhan tangan gemetar dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk gangguan saraf, gangguan elektrolit, gangguan kadar gula, gangguan hormon atau kelelahan otot biasa.

Tangan gemetar atau tremor merupakan suatu gerakan kontraksi dan relakasi otot yang ritmis yang terjadi pada organ tubuh. Paling banyak tremor terjadi pada tangan. Banyak hal yang dapat menyebabkan tremor seperti :

  1. Beberapa penyakit seperti kelainan saraf (multiple sclerosis, parkinson, beberapa penyakit degeneratif), gagal ginjal, hipertiroid, hypoglycemia, dan banyak lagi.
  2. Gangguan psikologis seperti gugup, stres.
  3. Kurangnya tidur, terlalu capek, kurang beberapa jenis vitamin, kelebihan kopi dan soda.

Untuk memastikannya sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan melakukan wawancara, pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk mendukung diagnosa sehingga pengobatan yang diberikan tepat sasaran sesuai penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar