Sukses

Penyebab Anyang-Anyangan

21 Sep 2018, 06:36 WIB
Pria, 28 tahun.

hallo dok, Sudah hampir 2 tahun ini saya suka anyang2 kl waktu buang air kecil, tapi bisa sembuh sendiri tanpa obat kalau saya minum yang banyak.. apakah ini termasuk infeksi saluran kencing? saya ga pernah demam sih, cuma kerasa nya tidak enak kalau sehabis kencing pasti ada rasa perih di ujung. hal ini terjadi setelah saya melakukan operasi caesar, apa ada hubungan nya atau tidak dok? terimakasih sebelumnya.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saya memahami kecemasan Anda. Anyang-anyangan merupakan salah satu gejala infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih terjadi karena adanya invasi mikrooganisme pada saluran kemih. Untuk menegakkan diagnosis ISK harus ditemukan bakteri dalam urin melalui biakan atau kultur  dengan jumlah yang signifikan yaitu lebih besar dari 100.000/ml urin. Namun, pada pasien dengan simptom ISK, jumlah bakteri dikatakan signifikan jika lebih besar dari 100/ml urin. Apabila benar terdapat infeksi saluran kemih, maka dokter akan memberikan Anda pengobatan dengan antibiotik, serta mengevaluasi penyebab dasarnya untuk mencegah kekambuhan, apakah karena kurang minum, sering menahan kemih, infeksi kemaluan, batu saluran kemih, dsb. Bila penyebab dasarnya tidak diatasi maka keluhan-keluhan tersebut menjadi tidak tuntas dan terus berulang.

Faktor risiko yang paling sering untuk terjadinya infeksi saluran kemih adalah adanya batu di saluran kemih yang menyebabkan peradangan dan memudahkan terjadinya infeksi serta sumbatan di saluran kemih. Hal tersebut perlu dipastikan dengan pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen perut atau USG perut. Melalui pemeriksaan tersebut batu dapat diketahui ukuran batu tersebut apakah kecil atau besar dan letak pastinya di saluran kemih bagian apa (apakah yang dekat ginjal atau atau dekat lubang kencing). Penanganan akan disesuaikan dengan ukuran batu pada saluran kemih Anda, dan tidak selalu harus operasi. Untuk itu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar