Sukses

Usia 14 Tahun Belum Haid

20 Sep 2018, 16:01 WIB
Wanita, 14 tahun.

Dok umur saya 14 tahun Saya belum haid sama sekali Dan keputihan saya berubah menjadi cokelat Apakah itu tanda mau haid??

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Dalam dunia medis, yang Anda alami disebut dengan amenore (tidak haid). Secara normal, wanita tidak mengalami haid sebelum pubertas, selama kehamilan, dan setelah menopause. Apabila tidak haid didahului dengan riwayat haid yang normal, kemungkinan ini merupakan gejala dari kondisi yang dapat diobati.

Terdapat dua macam amenore, yaitu amenore primer dan sekunder. Disebut amenore primer apabila seorang gadis belum mengalami haid sama sekali pada usia 16 tahun. Amenore primer terjadi pada 0.1 – 2.5% wanita usia reproduksi. Penyebab tersering ialah:

  • Pubertas terlambat
  • Kegagalan dari fungsi indung telur
  • Agenesis uterovaginal (tidak tumbuhnya organ rahim dan vagina)
  • Gangguan pada susunan saraf pusat
  • Himen imperforata yang menyebabkan sumbatan keluarnya darah menstruasi dapat dipikirkan apabila wanita memiliki rahim dan vagina normal

Sedangkan amenore sekunder adalah apalabila seorang wanita yang sebelumnya memiliki siklus haid normal berhenti mendapatkan haid selama 3 bulan atau lebih. 

Merujuk pada usia Anda, yaitu 14 tahun, Anda belum perlu khawatir. Perhatikan adakah tanda-tanda pubertas seperti pertumbuhan payudara, pertumbuhan rambut pubis. Hal-hal ini biasanya sudah muncul terlebih dulu sebelum haid dimulai. Apabila setelah mencapai usia 16 tahun Anda belum juga haid, kami sarankan agar Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter kandungan.

Terkait keputihan yang berwarna kecoklatan, bisa merupakan tanda akan haid, namun masih belum pasti. Sebaiknya wait and see terlebih dulu. Bila Anda tetap khawatir, silakan berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar