Sukses

Jerawat Bernanah

20 Sep 2018, 03:51 WIB
Pria, 16 tahun.

Hallo dok saya mau nanya Saya kok bingung ya dok wajah saya ada semacam jerawat kecil tetapi bernanah dalam nya dan jika saya tekan tidak terasa sakit , tetapi saya takut ny itu cacar karena ada banyak di jidat saya dok tetapi kok hanya di jidat saja , mohon penjelasannya dok ini jerawat atau cacar

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter mengenai jerawat bernanah di wajah.

Dari cerita Anda, sepertinya keluhan yang Anda alami lebih cocok jerawat karena cacar biasanya mengenai seluruh tubuh.

Jerawat memang masalah kesehatan yang kompleks karena ada berbagai faktor yang saling berkaitan yang menyebabkannya terjadi. Penangannya pun seringkali membutuhkan waktu yang lama dan kedisiplinan tinggi.

Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun beberapa faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini:

1. Stres

2. Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (kelenjar sebasea) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.

3. Kelenjar minyak yang terlalu aktif

4. Faktor keturunan

5. Bakteri di pori-pori kulit

Pengobatan jerawat juga perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat antara lain:

1. Membersihkan wajah secara teratur. Bersihkan wajah dua kali sehari dengan menggunakan sabun wajah yang cocok dengan kulit Anda. 2. Gunakan pelembab untuk mencegah kulit kering. 3. Gunakan make up seperlunya. Saat Anda sedang berjerawat, terutama bila jerawat meradang, hindari penggunaan make up yang berlebihan karena akan memperparah kondisi jerawat Anda. 4. Jangan menyentuh wajah Anda dengan tangan yang kotor. Hal ini dapat menyebarkan bakteri yang semakin memperparah kondisi jerawat Anda5. Gunakan tabir surya bila Anda terpapar sinar matahari. Anda dapat menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih, terutama bila Anda beraktivitas di luar ruangan. 6. Pastikan asupan nutrisi yang baik bagi kulit. Utamakan konsumsi sayur dan buah. Hindari makanan dengan lemak dan gula yang tinggi. Pastikan Anda selalu minum cukup air putih. 7. Hindari penggunaan obat-obat jerawat tanpa saran dokter sebelumnya.

Merujuk pada keluhan Anda dimana jerawat bernanah dan kemerahan di wajah, kemungkinan Anda sedang mengalami jerawat yang aktif dan meradang. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk dievaluasi jenis jerawat yang Anda alami dan pengobatan yang tepat sesuai dengan keluhan dan jenis kulit Anda. Perlu diingat pengobatan jerawat seringkali membutuhkan waktu yang lama, karena itu Anda perlu bersabar. Kami juga menyarankan agar tidak berganti-ganti dokter agar penanganan yang dilakukan dapat komprehensif dan berkelanjutan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar