Sukses

Gangguan Haid Setelah KB Suntik 1 Bulan

19 Sep 2018, 19:53 WIB
Wanita, 23 tahun.

Siang dok saya mau tanya, saya kan suntik KB tapi sehari setelah menikah siang nya saya suntik KB dan bidan menyarankan saya untuk pakai yang 1bulan dulu, jdwal suntik kembali tnggl 22 September ini dan saya belum datang bulan sampai sekarang. Apakah bisa hamil dok

Terima kasih telah bertanya seputar gangguan haid setelah suntik kb 1 bulan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pertama izinkan kami menjelaskan tentang siklus haid yang normal. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari.

Kontrasepsi suntikan KB mengandung hormon yang berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistem hormon di dalam tubuh. Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah tidak haid, perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini.

Selain akibat gangguan keseimbangan hormonal, menstruasi tidak teratur juga dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama

Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30

Malnutrisi (kurang gizi)

Stres psikologis

Atlet

 Kekurangan vitamin K

Penggunaan obat-obatan tertentu

Kelainan pembekuan darah

Gangguan hormon tiroid

Gangguan organ kandungan

Jika keluhan Anda berlanjut, kami sarankan agar Anda mengunjungi dokter kebidanan dan kandungan untuk evaluasi dan penanganan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai gangguan haid setelah suntik kb 1 bulan. Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar