Sukses

BAB Normal pada Bayi
18 Sep 2018, 12:07 WIB
Pria, 26 tahun.

malam dok. saya mau tanya. anak saya sekarang umur 54 hari. Minum susu formula. 3 hari kemarin. Anak saya fases nya agak cair sedikit. berlendir warna coklat ada hampas nya juga dan berbau busuk. sampai 10x BAB. setelah anak saya di bawa ke bidan di kasih obat zink. sekarang fases nya warna kuning. cair sedikit. berlendir warna coklat tapi sedikit berlendir. hampas agak padat dan sudah tidak berbau busuk. Sekarang BAB nya kurang lebih 7x Apakah anak saya sekarang sudah normal BAB nya dok? Tapi kenapa BAK nya juga agak sedikit dok. Biasa nya BAK suka penuh di diapers nya

Terimakasih telah bertanya seputar BAB bayi yang normal melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

BAB bayi baik yang ASI maupun susu formula bisa berwarna macam-macam. Namun umumnya, bila hanya mengonsumsi ASI BAB cenderung berwarna kuning keemasan, sedangkan BAB bayi susu formula berwarna kuning kecoklatan dan konsistensinya lebih keras. BAB bayi yang minum susu formula juga cenderung lebih berbau asam dan frekuensinya lebih jarang.

Berikut ciri BAB bayi yang normal:

  • Warna dapat berubah-ubah, kuning, kehijauan, atau coklat.
  • Kadang-kadang bayi tidak BAB sama sekali selama 1-2 hari, bahkan 1 minggu. Tidak perlu cemas selama bayi masih mau minum dan berat badan bertambah.

Berikut ciri BAB bayi yang tidak normal (dan sebaiknya Anda konsultasi ke dokter anak Anda):

  • BAB disertai lendir, air, atau darah, yang dapat merupakan tanda alergi atau infeksi.
  • BAB yang terlalu keras, tanda konstipasi pada bayi.

Prinsipnya selama BAB tidak ada darah atau lendir, atau terlalu keras, dan bayi Anda tampak sehat dalam arti berat badan bertambah dan bayi aktif, tidak ada yang perlu dicemaskan.

Bila Anda ragu akan kondisi si kecil, konsultasikan dengan dokter anak Anda. Pemilihan susu formula juga sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter yang memeriksa anak Anda secara langsung.

Silahkan baca juga beberapa artikel berikut:

Pentingnya Mengenali Bentuk BAB Bayi

Ciri-Ciri Pencernaan Anak yang Sehat

Diare

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar BAB bayi yang normal. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar