Sukses

Manfaat Kunyit

17 Sep 2018, 21:32 WIB
Pria, 33 tahun.

Dokter saya mau tanya, saya minum kunyit karena saya mempunyai asam lambung dan maag berat ( diblender dan diperas, hasil perasan tersebut saya minum tanpa dimasak ) apakaha sebaiknya kunyit di masak dahulu sebelum diminum atau tidak apa apa tanpa dimasak ? dan DOkter saya mau tanya lagi, kenapa setelah saya minum kunyit saya sering kentut, sendawa dan perut saya panas, apakah itu efek maag saya mau membaik atau sebaliknya ?

Terima Kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

Kunyit merupakan salah satu jenis rempah-rempahan yang kerap digunakan sebagai penyedap rasa untuk berbagai hidangan. Akan tetapi, ada manfaat lain yang terkandung dalam kunyit, yaitu mengatasi sakit maag. Para pakar kesehatan berpendapat, ekstrak kunyit memiliki efek antioksidan, koleretik (menstimulasi aliran empedu), kolekinetik (menstimulasi kontraksi kantong empedu), antiradang, antikanker, antimikroba, dan antiradang.

Selain itu, berbagai uji klinis juga menunjukkan bahwa kunyit bermanfaat dalam mengurangi gejala penyakit maag. Gejala tersebut antara lain nyeri perut, mual, muntah, dan kembung pada mag.

Penelitian-penelitian tersebut melaporkan bahwa bubuk kunyit serta curcuma menunjukkan manfaat yang baik. Selain itu, tidak ada efek samping bermakna yang diamati pada penggunaan kunyit.

Cara penggunaannya beragam, tetapi yang lebih populer adalah diseduh lalu diminum.

Kupas dan bersihkan kunyit sebesar dua ruas buku tangan, lalu parut dan tambahkan air matang. Peras air kunyit, diamkan dan ambil air beningnya. Minumlah dua kali sehari, sebelum makan pagi dan malam sebelum tidur. Anda juga bisa menambahkan bahan lain yang mampu menaikkan cita rasa, seperti madu dan lemon.

Ada juga yang dicampurkan dengan rebusan air asam, sehingga namanya populer menjadi minuman kunyit asam. Cara membuatnya yakni dengan mencampurkan rebusan air asam serta air parutan kunyit. Jenis yang satu ini, konon populer dilakukan oleh penduduk suku Jawa sejak dahulu kala.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

1 Komentar