Sukses

Sering Bersin

17 Sep 2018, 13:19 WIB
Pria, 20 tahun.

Assalammualaikum dok, sebulan terakhir ini hidung saya terasa sensitif di bagian tulang muda hidung, setiap terkena sentuhan seperti (salim dengan orang tua) saya selalu ingin bersin, atau ketika ada ingus selalu terasa gatal dan ingin bersin, apa masalahnya ya dok? mohon bantuannya :)

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah bersin juga sering terjadi pada waktu khusus tertentu, misalnya pagi hari, saat dingin, atau saat kena debu selain saat-saat yang Anda sebutkan? Meskipun dapat disebabkan oleh banyak hal gejala sering bersin di pagi hari merupakan salah satu gejala khas rhinitis alergi. Rhinitis alergi adalah penyakit peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi pada pasien-pasien yang memiliki atopi (bakat alergi), yang sebelumnya sudah terpapar dengan allergen (zat/materi yang menyebabkan timbulnya alergi) yang sama serta meliputi mekanisme pelepasan mediator kimia ketika terjadi paparan ulangan dengan allergen yang serupa  (Von Pirquet, 1986). Hidung gatal juga menjadi salah satu gejala yang mengarah ke alergi.

Gejala klinis yang khas adalah terdapatnya serangan bersin yang berulang-ulang terutama pada pagi hari, atau bila terdapat kontak dengan sejumlah debu. Sebenarnya bersin adalah mekanisme normal dari hidung untuk membersihkan diri dari benda asing, tetapi jika bersin sudah lebih dari lima kali dalam satu kali serangan maka dapat diduga ini adalah gejala rhinitis alergi. Gejala lainnya adalah keluar ingus (rinore) yang encer dan banyak.  Hidung tersumbat, mata gatal dan kadang-kadang disertai dengan keluarnya air mata.

Terapi yang dapat dilakukan antara lain :

Dengan menghindari kontak dengan allergen penyebab, misalnya udara dingin di pagi hari dan debu sebagai pencetus terjadinya alergi. Anda dapat menggunakan baju hangat ketika tidur, jangan menggunakan kipas angin/AC, memakai selimut untuk tidur, hindari paparan debu.

Pengobatan, dengan menggunakan obat anti alergi golongan antihistamin H-1, yaitu obat yang sering dipakai sebagai lini pertama dalam pengobatan rhinitis alergi atau dengan kombinasi dekongestan oral. Obat golongan kortikosteroid dipilih jika tidak berhasil diatasi oleh obat lain.

Pemberian obat-obatan dalam mengobati rhinitis alergi sebaiknya selalu berada di bawah pantauan dokter untuk menghindari efek samping yang dapat ditimbulkan akibat penggunaan obat yang tidak sesuai. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai penyakit ini, anda dapat membaca artikel kami yang berjudul Rinitis Alergi.

Kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT untuk memastikan apakah benar anda mengalami rinitis alergi dan untuk mendapatkan terapi yang sesuai.

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar