Sukses

Penyakit TBC
17 Sep 2018, 13:19 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok, saya ibu dua anak. Saya punya keluhan sering batuk, dahak agak banyak trus ada benjolan kecil di bawah ketiak kanan tidak sakit. Berat badan waktu tidak batuk 54 kilo turun jadi 49 kilo sekarang jd 46 kilo. Anak saya 5 th, baru 6 bulan selesai pengobatan tbc (9 bulan), apa saya juga kena tbc? Mohon jawabannya.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman Mycobacterium tuberculosis yang bersifat sistemik, yang dapat bermanifestasi pada hampir semua organ tubuh dengan lokasi terbanyak di paru yang biasanya merupakan lokasi infeksi primer. TBC ditularkan melalu droplet/udara.

Gejalanya berupa: batuk lebih dari 3 minggu, batuk darah, sesak napas, nyeri dada, berat badan turun, nafsu makan turun, berkeringat pada malam hari, demam yang tidak tinggi, dan mudah lelah. Jika Anda mengalami keluhan seperti yang telah disebutkan sebaiknya memeriksakan diri ke dokter (cek dahak dll). Apalagi kemungkinan benjolan di ketiak Anda sedikit mengarahkan ke pembesaran kelenjar getah bening akibat TB, dan ada riwayat anak Anda terkena TB. Sebaiknya Anda mengunjungi puskesmas untuk diperiksakan tes dahak, rontgen, dll untuk mengkonfirmasi apakah ada infeksi TBC atau tidak.

Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar