Sukses

Penanganan Batu Ginjal
16 Sep 2018, 17:47 WIB
Pria, 15 tahun.

Dok mau nanya, kan mamak saya punya penyakit ginjal. Keluarga saya juga memiliki riwayat penyakit batu ginjal. Jadi dok awalnya mamak saya tidak mengalami gejala apa pun tapi belakangan ini mamak saya sering mengalami mual-mual, kedinginan, lemas, demam, dan tangan begetar. Apakah batu ginjal nya semakin parah dok? Bagaimana cara mengatasinya dok? Terimakasih dok

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terimakasih telah bertanya tentang Penanganan Batu Ginjal melalui fitur Tanya Dokter.

Apakah terapi yang sudah dilakukan untuk batu ginjal ibu Anda? Berapakah nilai fungsi ginjal (Ureum dan Creatinin) dari ibu Anda? Kami menyarankan agar ibu Anda menjalani pemeriksaan detil dengan dokter secara langsung untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Batu Ginjal /Batu saluran kemih merupakan massa keras yang terbentuk dari pengendapan kristal yang ada di urin. Batu ini paling sering terbentuk didalam ginjal atau ureter (saluran kemih yang menghubungkan antara ginjal dengan kandung kemih). Namun dapat juga terbentuk dalam kandung kemih ataupun uretra (saluran yang menghubungkan antara kandung kemih dan alat kelamin). Berikut akan lebih dibicarakan tentang batu ginjal.

Batu ginjal dapat berukuran dari sekecil pasir hingga sebesar buah anggur. Kebanyakan dari batu ginjal yang terbentuk keluar bersama dengan urin tanpa menimbulkan keluhan. Jika batu ginjal berukuran besar (lebih dari 2-3 mm), barulah dapat menimbulkan keluhan karena tersumbatnya saluran kemih.dan bisa saja terdapat lebih dari satu.

2.Mengenai terapi untuk batu ginjal Sekitar 90 % dari batu ginjal yang berukuran 4 mm dapat keluar dengan sendirinya melalui urin. Namun, kebanyakan batu berukuran lebih dari 6 mm memerlukan intervensi. Pada beberapa kasus, batu yang berukuran kecil yang tidak menimbulkan gejala, dapat diobservasi selama 30 hari untuk melihat apakah dapat keluar dengan sendirinya sebelum diputuskan untuk dilakukan intervensi bedah. Tindakan bedah yang cepat, perlu dilakukan pada pasien yang hanya mempunyai satu ginjal, nyeri yang sangat hebat, atau adanya ginjal yang terinfeksi yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian.

Penghilang rasa sakitObat penghilang rasa sakit yang paling cocok untuk nyeri karena batu ginjal adalah golongan narkotika seperti morfin, demerol, atau dilaudid. Namun standar saat ini untuk menghilangkan nyeri akut karena batu ginjal adalah penyuntikan ketorolak melalui pembuluh darah.

Intervensi bedah

Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL), tehnik ini menggunakan getaran gelombang untuk memecahkan batu dari luar sehingga batu menjadi serpihan kecil yang pada akhirnya dapat keluar dengan sendirinya.Percutaneus nephrolithotomy atau pembedahan terbuka dapat dilakukan pada batu ginjal yang besar atau yang mengalami komplikasi atau untuk batu yang tidak berhasil dikeluarkan dengan cara ESWL.Pengobatan yang tidak tepat dan tidak segera terhadap kasus batu ginjal hanya akan menghambat pengeluaran batu tersebut dari dalam dalam tubuh paman Anda dan menimbulkan sumbatan lebih lanjut terhadap aliran urin di saluran kemih. Lebih lanjut, batu tersebut dapat terinfeksi dan menimbulkan komplikasi yang lebih berbahaya bahkan hingga penurunan fungsi ginjal.

Anda dapat membicarakan pilihan terapi yang tepat bagi Anda kepada dokter yang menangani paman anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Penanganan Batu Ginjal. Semoga bermanfaat untuk Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar