Sukses

Wasir
16 Sep 2018, 12:19 WIB
Wanita, 18 tahun.

Selamat sore, Dok. saya punya wasir dan 3 mgg lalu sudah periksa ke dokter sudah diberi obat shg sudah lebih mendingan. akhir2 ini saya susah BAB dan akhirnya saya td BAB tetapi tinja nya keras shg mengharuskan saya mengejan lebih keras dan akhirnya perih lagi... kata dokter wasir ini tingkat 2/3.. bisa masuk sendiri/tidak ya Dok? kalau harus didorong, apabila sakit apakah dibiarkan saja atau hrs tetap didorong? terima kasih

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Di Amerika, 50% populasi usia 50an menderita wasir. Dan diperkirakan sekitar 50-85% populasi dunia akan mengalami gejala wasir pada periode tertentu dalam hidupnya.

Gejala-gejala wasir:

1.    Terjadi pendarahan saat buang air besar/kecil

2.    Darah berwarna merah muda menetes dari lubang anus

3.    Ada benjolan di anus saat BAB

4.    Rasa gatal di sekeliling anus

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan wasir, diantaranya adalah:

1.    Faktor genetika

2.    Sembelit atau Diare

3.    Hipertensi

4.    Obesitas

5.    Kehamilan

6.    Kurang makanan tinggi serat

7.    Kurang minum air putih

Hemorrhoid dibagi menjadi 2 tipe :

•   Hemorrhoid eksterna: wasir dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa. Biasanya menimbulkan keluhan nyeri. Dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang muncul berupa gatal. Wasir jenis ini rentan terhadap trombosis (penggumpalan darah). Jika pembuluh darah vena pecah yang mengalami kelainan pecah, maka penggumpalan darah akan terjadi sehingga akan menimbulkan keluhan nyeri yang lebih hebat.

•   Hemorrhoid interna: wasir yang muncul didalam rektum., biasanya tidak nyeri. Perdarahan dapat timbul jika mengalami iritasi. Perdarahan yang terjadi bersifat menetes. 

 

Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :

•   Grade I       : wasir tidak keluar dari rektum

•   Grade II     : wasir prolaps (keluar dari rektum) pada saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan

•   Grade III    : wasir prolaps saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus secara manual (didorong kembali dengan tangan)

•   Grade IV   : wasir mengalami prolaps namun tidak dapat dimasukkan kembali

Hemorrhoid interna derajat I dan II masih dapat ditangani dengan terapi obat oral. Namun hemorrhoid interna derajat III dan IV serta hemorrhoid eksterna memerlukan tindakan bedah untuk penanganannya. 

Perlu diketahui bahwa wasir atau haemorrhoid tidak dapat sembuh secara total. Tindakan yang dapat dilakukan adalah mencegah timbulnya keluhan dan mengatasi gejala yang timbul dengan obat-obatan. Berikut adalah beberapa modifikasi gaya hidup yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

•   Minum banyak air, makan makanan yang mengandung banyak serat (buah, sayuran, sereal, suplemen serat, dll) sekitar 20-25 gram sehari

•   Olahraga

•   Mengurangi mengedan

•   Menghindari penggunaan laksatif (perangsang buang air besar)

•   Membatasi mengedan sewaktu buang air besar.

•   Penggunaan celana dalam yang ketat dapat mencetuskan terjadinya wasir dan dapat mengiritasi wasir yang sudah ada.

•   Penggunaan jamban jongkok juga sebaiknya dihindari.

Pertolongan pertama yang dapat dilakukan yaitu:

▪    Jangan menahan BAB. Langsung menuju toilet bila merasa ingin BAB. Jangan menahannya. Kalau bisa, coba rutin untuk BAB setiap hari, misalnya saat sehabis makan pergilah ke toilet untuk beberapa menit.

▪    Duduk dalam air hangat. Rendam bokong Anda setiap 3 – 4 kali sehari selama kurang lebih 20 menit. Ini berfungsi untuk mengurangi gatal dan iritasi.

▪    Minum obat herbal. Salah satu pengobatan dan perawatan wasir adalah mengonsumsi obat-obatan herbal. Selain alami, obat herbal dapat dikonsumsi jangka panjang. Salah satunya yang disarankan adalah kapsul Hemorid yang terbuat dari Temulawak, Daun Wungu, Daun Andong, dan Kayu Rapat. Kapsul Hemorid dapat meredakan rasa nyeri dan pendarahan, mengempiskan benjolan, mengurangi pembengkakan, dan memperlancar BAB.

▪    Sedangkan agar hemoroid tidak semakin parah, yang sebaiknya dilakukan adalah pencegahan. Yaitu dengan:

▪    Menjaga pola makan. Hindarilah makanan pedas. Makanan pedas akan semakin meningkatkan risiko pembengkakan di anus yang berlanjut menjadi wasir. Kemudian perbanyaklah makanan berserat. Dengan banyak makan makanan berserat, seperti brokoli, kacang, gandum, dan buah-buahan, dapat menurunkan pendarahan, inflamasi dan pembengkakan lebih lanjut. Serat juga dapat mengurangi iritasi.

▪    Olahraga. Tujuan dari berolahraga adalah untuk menjaga berat badan. Karena obesitas termasuk menjadi faktor pencetus dari wasir. Namun demikian usahakan untuk menghindari olahraga yang berat. Cobalah olahraga aerobik yang sederhana atau berjalan 20-30 menit per hari. Keduanya dapat menstimulasi fungsi usus.

Ada beberapa pilihan terapi wasir, termasuk penyuntikan wasir dengan zat sklerosan sehingga menyebabkan runtuhnya dinding pembuluh darah pada wasir. Terapi ini hanya berguna pada hemoroid yang masih kecil yaitu derajat I-II yang tidak sembuh dengan terapi konservatif (diet tinggi serat, tidak mengedan, krim hemoroid). Sekitar 77-86% hemoroid akan sembuh total atau tidak kembali seperti semula. Namun terapi ini sudah jarang dilakukan lagi di negara-negara maju karena risiko infeksi dan komplikasi yang dapat menyebabkan kerusakan rektum.

Pada saat ini terapi non-operatif yang cukup banyak digunakan adalah Rubber Band Ligation  yaitu karet yang diikatkan pada wasir sehingga jaringan wasir akan mengalami kematian yang pada akhirnya akan lepas sendiri bersamaan dengan buang air besar. Mungkin metode terapi ini dapat menjadi pilihan untuk kasus Ibu.

Namun apapun terapinya tidak akan berarti bila tidak disertai perubahan pola makan, olahraga, perilaku ke belakang. Hal ini disebabkan peluang kembalinya hemoroid erat kaitannya dengan pola hidup yang dijalani. Penyembuhan sempurna dari wasir adalah dengan melakukan terapi operatif dan perubahan gaya hidup.

Sembelit merupakan salah satu faktor risiko timbul kembalinya hemoroid, karena itu Ibu perlu menangani hal ini. Untuk mengatasi sembelit, terdapat beberapa hal yang perlu Ibu lakukan, antara lain:

•   Makan makanan berserat tinggi setiap hari (sayur dan buah, sereal, suplemen serat, dll)

•   Minum, setidaknya 8 gelas per hari

•   Menggunakan pelunak tinja atau laksatif (obat pencahar). Penggunaan obat-obat ini untuk jangka lama sebaiknya dikonsultasikan dulu ke dokter.

•   Jangan menunda BAB dan hindari mengedan terlalu keras.

Selain itu, Ibu juga perlu menjaga kebersihan daerah anus, menghindari penggunaan celana ketat, menghindari penggunaan WC jongkok, dan sebaiknya rajin berolahraga. Ibu juga dapat mencoba, berendam duduk di dalam air hangat selama 10 menit, beberapa kali dalam sehari, menggunakan es batu pada wasir, atau menggunakan krim wasir untuk mengatasi gejala.

Cobalah untuk menjalankan cara-cara atau terapi konservatif yang tertulis di atas. Konsultasikanlah kepada dokter bedah mengenai tindakan Rubber Band Ligation sebagai pilihan terapi. 

Kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah umum atau bedah digestif untuk diagnosis dan penanganan lebih lanjut. 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar