Sukses

Pertanyaan - #262704
16 Sep 2018, 07:14 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok saya kesulitan tdr selama 3bulan terakhir. Saya mengonsumsi obat tdr. Bagaimana solusinya dong? Saya sedang sangat depresi , bagaimana solusinya? Apa harus ke psikiater? Saya juga mengalami gejala2 bipolar disorder

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Depresi adalah gangguan jiwa yang yang ditandai dengan suasana hati yang merosot/labil pada diri seseorang. Depresi bisa saja terjadi pada siapa pun, yang umumnya memiliki tekanan yang berat dalam hidupnya entah karena tekanan pekerjaan,tekanan ekonomi, atau tekanan lain.

Ada dua macam depresi, yaitu depresi ringan dan berat (menetap). Depresi ringan datang dan pergi dengan sendirinya, ditandai dengan hati yang berat, sedih, dan murung. Depresi berat dicirikan oleh perasaan tidak berguna atau bersalah serta sering disertai gejala fisik seperti turun berat badan, sakit kepala, hingga tidak enak badan. Penderita depresi berat cenderung untuk menarik diri, tidak peduli pada lingkungan sekitar, serta aktivitas fisik yang terbatas. 

Kondisi depresi ini sangat penting diatasi supaya tidak berlangsung lebih lanjut. Konsultasi dengan psikiater akan membantu Anda untuk mengatasi masalah ini. Beberapa teknik terapi oleh psikiater misalnya terapi interpersonal, terapi perilaku kognitif, terapi perilaku dialektik, dan terapi psikodinamik merupakan beberapa pilihan terapi yang dapat dilakukan. Konsultasikan segera ke psikiater mengenai kondisi Anda saat ini, semoga kondisi Anda segera kembali ke sedia kala.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar