Sukses

Pertanyaan - #262703
16 Sep 2018, 07:14 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, sindrom visi Komputer memiliki tingkatan level ngak? Kalau tidak, bisa dijelaskan bagaimana CVS ini di kategorikan ringan, sedang, Dan parah. Terima kasih dok

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah bertanya kepada kami

Benar, melihat komputer terus menerus benar dapat menyebabkan mata lelah sehingga sulit fokus/pandangan kabur, pedih, panas, silau dan dapat juga mengalami pusing atau sakit kepala, gangguan ini dikenal dengan Computer Vision Syndrome. Penglihatan merupakan sistem yang penting dan harus dijaga kesehatannya. Jika mata terlalu lelah digunakan untuk membaca dekat maka dapat menurunkan fungsi penglihatan lebih cepat.

Beberapa gejala yang dapat muncul adalah:

Penglihatan kabur

Penglihatan ganda

Mata kering dan mata merah

Iritasi mata

Sakit kepala

Sakit leher, bahu dan punggung

Gejala-gejala ini sebaiknya diperiksakan ke dokter. Jika tidak terdapat masalah khusus yang mendasarinya dan memang hanya karena kelelahan dalam menggunakan layar komputer, maka Anda dapat melakukan tindakan-tindakan penyesuaian dan pencegahan sehingga gejala-gejala ini tidak mengganggu performa kerja Anda. Apakah ada derajat keparahan gejala ini? Ada beberapa ahli dalam tulisannya di sebuah jurnal yang menyatakan tingkat keparahan kondisi ini berdasarkan apakah keluhan menyembuh dengan istirahat atau tidak. Keluhan termasuk ringan-sedang bila keluhan teratasi setelah beristirahat. Sedangkan keluhan yang tidak membaik setelah beristirahat termasuk ke dalam kondisi berat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

1 Komentar

  • Windy Diaztary

    Dok, bagaimana misalnya ketika sesorang menggunakan Komputer Dan mengalami Satu atau dua gejala yang disebutkan di atas, apakah itu sudah termasuk CVS ataukah ada penyebab yg dapat memastikan seseorang terkena CVS?