Sukses

Telinga Keluar Cairan dan Berbau
16 Sep 2018, 05:55 WIB
Pria, 14 tahun.

dok saya mau nanya nih, sudah lama kuping saya terus terusan mengalami pengeluaran kotoran berupa cairan bewarna kuning dan berbau,setiap pagi saya membersihkannya dan besoknya lagi tetap saja masih keluar. bagaimana caranya supaya ga keluar lagi ya dok?

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. 

Berdasarkan informasi singkat yang Anda berikan, sepertinya Anda mengalami congek, atau yang dalam dunia medis disebut OMSK (Otitis Media Supuratif Kronik).

OMSK adalah peradangan kronik akibat infeksi di telinga tengah dengan yang menimbulkan gendang telinga robek dan keluarnya cairan yang terus-menerus atau hilang timbul dalam waktu yang lama. Cairan ini dapat encer atau kental, bening atau bernanah kuning kehijauan, serta berbau.

Untuk memastikan apakah keluarnya cairan ini memang benar akibat OMSK atau tidak, perlu pemeriksaan secara rinci dengan dokter spesialis THT. 

Penyakit ini perlu ditangani dengan benar agar keluhannya tuntas serta tidak kambuh-kambuhan. Berikut adalah beberapa pengobatan yang dilakukan untuk OMSK:

  • Bila cairan masih keluar akan dilakukan pencucian telinga dan diberikan obat tetes telinga dan antibiotik minum. Sumber infeksi yang menyebabkan OMSK harus terlebih dahulu ditangani dengan baik.
  • Setelah cairan mengering/berhenti keluar, dapat dilakukan operasi perbaikan gendang telinga (miringoplasti) atau penggantian gendang telinga (timpanoplasti). Operasi ini bertujuan untuk menghentikan infeksi secara permanen, memperbaiki gendang telinga yang sudah robek, memperbaiki pendengaran dan mencegah terjadinya kerusakan pendengaran yang lebih berat. Untuk kerusakan gendang telinga yang ringan biasanya hanya memerlukan miringoplasti. Sedangkan untuk kerusakan yang lebih berat perlu dilakukan timpanoplasti. 

Untuk saat ini, saran kami adalah segera konsultasikan dengan dokter THT untuk mengetahui penyebab yang sesungguhnya. Apabila ini memang OMSK harus segera ditangani untuk mencegah gangguan pendengaran yang dapat terjadi kemudian. Kemungkinan Anda juga perlu menjalani prosedur miringoplasti atau timpanoplasti.

Sementara ini untuk mengatasi gatal yang timbul, Anda dapat mengonsumsi obat antigatal (antihistamin) seperti cetirizine atau loratadine.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar