Sukses

Hubungan Intim Saat Dalam Pengobatan Sifilis
16 Sep 2018, 05:38 WIB
Pria, 22 tahun.

Selamat malam dok, saya ingin bertanya, saya sdah 6 hari ini kena sifilis dan saya sdah 2 hari ini mnum obat terivid, yang saya mau tanya kan gini dok, ini istri saya ajak saya berhubungan, dan saya mau pakai pengaman,, apa kah itu aman buat saya dok?

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami ingin mengonfirmasi terlebih dulu apakah diagnosis sifilis Anda dilakukan oleh dokter? Bila tidak, sebaiknya ke dokter kulit dan kelamin dulu untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Obat antibiotik utama sifilis yakni golongan penisilin yang disuntikkan intramuskular (ke dalam otot) dan bukan obat minum seperti yang Anda konsumsi (golongan kuinolon). Di samping itu, istri Anda pun perlu mendapatkan pengobatan untuk menghindari adanya ping pong penyakit (berpindah-pindah karena salah satu pihak tidak diobati).

Untuk menegakkan diagnosis sifilis, selain dari kelainan kulit yang timbul, perlu dilakukan pemeriksaan laboratroium sifilis, yaitu:

  • Untuk deteksi dini menggunakan VDRL (Venereal Disease Research Laboratories) dan RPR (Rapid Plasma Reagin)
  • Untuk diagnosis menggunakan FTA-ABS (Fluorescent Treponemal Antibody Absorption test) dan TPHA

Apakah Anda sudah melakukan pemeriksaan di atas? Kami sarankan sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan terlebih dulu ke dokter kulit dan kelamin serta pemeriksaan laboratorium untuk memastikan penyebabnya. Ini untuk menghindari pengobatan yang tidak perlu dan agar pengobatannya tepat.

Anda tidak perlu malu untuk berobat ke dokter. Bila sifilis tidak ditangani, dengan tepat dapat menyebar ke organ tubuh lainnya.

Untuk kasus Anda, pastikan dulu diagnosis sifilis ini. Jika sudah mendapatkan pengobatan yang sesuai, Anda dapat melanjutkan hubungan intim dengan menggunakan kondom.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar