Sukses

Efek Obat Nyamuk Elektrik pada Bayi
16 Sep 2018, 05:02 WIB
Pria, 25 tahun.

Assalamualaikum dok,saya mau tanya apakah obat nyamuk hit elektrik bahaya bagi balita usia d bawah 1 tahun. Terima kasih

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Secara umum seluruh obat nyamuk bertujuan untuk membunuh nyamuk dengan demikian mengandung bahan aktif insektisida yang berfungsi untuk membunuh serangga, yaitu: dichlorovynil dimethyl phosfat (DDVP), propoxur (karbamat), dan diethyltoluamide.

Bahan aktif dalam obat nyamuk ini dapat mengganggu kesehatan manusia terutama saluran pernapasan dan kulit. Bahan aktif obat nyamuk akan masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernapasan dan kulit ke dalam peredaran darah dan menyebar ke sistem pernapasan dalam tubuh dan juga sistem susunan saraf pusat (otak). Saluran pernapasan dapat terstimulasi sehingga menyebabkan batuk dan juga dapat memicu reaksi alergi pada saluran pernapasan (asma). Selain itu juga dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi pada kulit.

Perlu diketahui bahwa konsentrasi bahan aktif dalam tiap obat nyamuk berbeda-beda demikian juga dengan kadar toksisitasnya dan juga bergantung pada pemakaiannya. Obat nyamuk cair (semprot) mengandung bahan aktif yang lebih sedikit karena dalam proses penyemprotannya, bahan cair berubah menjadi gas sedangkan obat nyamuk elektrik lebih sedikit lagi karena lagnsung didistribusikan dalam bentuk gas. Karena itu, obat nyamuk elektrik bisa dianggap lebih aman daripada obat nyamuk semprot. Meski demikian, bila sering dipakai maka kadar zat aktif bisa terakumulasi dan menimbulkan keracunan/iritasi.

Bila Anda ingin menggunakannya, sebaiknya nyalakan setengah jam sebelum waktu tidur agar mulai bekerja. Posisikan di tempat yang agak jauh dari tempat tidur bayi dan matikan bila telah digunakan selama 2 jam.

Alternatifnya, Anda bisa menggunakan obat nyamuk oles yang khusus untuk bayi dan balita. Obat nyamuk ini terbuat dari bahan alami yang mengandung Citronella atau Eucalyptus.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar