Sukses

BAB HIjau pada Bayi ASI
16 Sep 2018, 05:01 WIB
Wanita, 28 tahun.

Malam dok.. Anak saya laki2 berusia 3 bulan,berat badan 7,1 kg.. Sore tadi anak saya BAB dan fesesnya berwarna hijau, berlendir, dan cair.. Dia masih terbilang aktif dan masih nafsu utk menyusu.. Anak saya ASI ekslusif dok.. Apakah hal tsb normal dok? Trimksh sebelumnya..

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

BAB bayi baik yang ASI maupun susu formula bisa berwarna macam-macam. Namun umumnya, bila hanya mengonsumsi ASI BAB cenderung berwarna kuning keemasan, sedangkan BAB bayi susu formula berwarna kuning kecoklatan dan konsistensinya lebih keras. BAB bayi yang minum susu formula juga cenderung lebih berbau asam dan frekuensinya lebih jarang.

Berikut ciri BAB bayi yang normal:

  • Warna dapat berubah-ubah, kuning, kehijauan, atau coklat.
  • Kadang-kadang bayi tidak BAB sama sekali selama 1-2 hari, bahkan 1 minggu. Tidak perlu cemas selama bayi masih mau minum dan berat badan bertambah.

Berikut ciri BAB bayi yang tidak normal (dan sebaiknya Anda konsultasi ke dokter anak Anda):

  • BAB disertai lendir, air, atau darah, yang dapat merupakan tanda alergi atau infeksi.
  • BAB yang terlalu keras, tanda konstipasi pada bayi.

Prinsipnya selama BAB tidak ada darah atau lendir, atau terlalu keras, dan bayi Anda tampak sehat dalam arti berat badan bertambah dan bayi aktif, tidak ada yang perlu dicemaskan.

Pada bayi yang konsumsi ASI, bila feses hijau terjadi sesekali, ini merupakan hal yang normal. Tetapi bila terjadi terus-menerus, feses hijau pada bayi ASI bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut:

  • Ketidakseimbangan foremilk (ASI depan)/hindmilk (ASI belakang). Jika bayi hanya menyusu sebentar-sebentar, ASI yang diminum kebanyakan adalah ASI depan yang tinggi kandungan gulanya. Ini yang menyebabkan feses menjadi hijau. Berat badan bayi pun biasanya tidak meningkat cepat. ASI belakang mengandung lemak yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi. ASI ini biasanya keluar setelah 10-15 menit menyusu.
  • Sensitif terhadap sesuatu yang dimakan ibu, misalnya produk susu sapi.
  • Tanda bahwa bayi sedang sakit.
  • Ibu sering mengkonsumsi sayuran hijau.

Bila Anda ragu akan kondisi si kecil, konsultasikan dengan dokter anak Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar