Sukses

Urtikaria
15 Sep 2018, 10:18 WIB
Pria, 14 tahun.

gini dok.....saya kan masih sekolah kelas IX ...jadi saya disuntik campak & rubella..tetapi dok setelah beberapa hari kemudian saya mulai terkena gatal-gatal dan sering terjadi pada saat cuaca dingin atau panas....dan bisa terjadi kapan aja......padahal sebelum nya saya tak pernah terkena gatal-gatal seperti itu......kalo boleh tau itu penyakit apa ya dok?? mohon di bantu... terimah kasih....

Terima kasih telah bertanya seputar urtikaria menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Bentol seperti apa yang Anda maksud? Sulit bagi kami untuk mendiagnosa tanpa melakukan pemeriksaan tubuh, namun bila memang gatal seluruh tubuh paling sering disebabkan oleh urtikaria. Jika benar yang anda alami berupa bentol kemerahan yang gatal, maka dalam dunia kedokteran hal ini dikenal dengan istilah Urtikaria.

Urtikaria memang merupakan reaksi alergi. Untuk itu, selain pengobatan, perlu diketahui hal apa yang menyebabkannya. Ini diperlukan karena memang penanganan alergi yang terbaik adalah dengan menghindari pencetus yang menyebabkan terjadinya gejala. Adapun penyebab terjadinya urtikaria, meliputi:

Obat (obat minum, sabun, bahan kosmetik, dll)MakananGigitan/sengatan serangga

Trauma fisik

Bahan yang dihirup (jamur, debu, bulu binatang)

Infeksi (bakteri, virus, cacing)

Gangguan emosional/stres

Faktor keturunan

Beberapa penyakit seperti keganasan, hepatitis, hipertiroid.

Urtikaria ini merupakan reaksi cepat alergi. Untuk itu, jika Anda sudah mengetahui penyebab alergi Anda, kami sarankan Anda menghindarinya. Jika penyebabnya karena udara dingin maka Anda perlu menggunakan baju hangat bila di wilayah yang dingin atau jika ruangan Anda terlalu dingin, Anda bisa mencoba untuk meminta perpindahan tempat ke yang sedikit lebih hangat. Konsumsilah makanan hangat untuk meningkatkan suhu badan. Bagaimana dengan pakaian Anda? Pakailah pakaian yang menutup badan untuk mengurangi paparan dingin terhadap kulit Anda. Selain itu juga perlu diperhatikan kemungkinan penyebab yang lain. Anda mungkin perlu memeriksakan kesehatan gigi Anda karena infeksi gigi yang tersembunyi juga dapat menyebabkan urtikaria.Pada dasarnya pengobatan alergi ditujukan untuk mencegah terjadinya gejala alergi, dan sebenarnya untuk mencegah gejala alergi yang paling efektif adalah dengan mengendalikan pencetusnya. Anda dapat mengkonsumsi obat anti alergi seperti CTM, loratadin, atau cetirizin. Anda tidak perlu khawatir, obat ini aman dikonsumsi saat menstruasi. Hindari kebiasaan menggaruk karena akan membuat kulit semakin gatal dan menyebabkan iritasi.

Demikian informasi seputar urtikaria yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar