Sukses

Banyak Pikiran

15 Sep 2018, 10:14 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok, apa benar terlalu banyak pikiran dan kurangnya percaya diri yg sangat tinggi dapat menimbulkan penyakit serius? Saya sering pusing dan lemas karena terlalu banyak pikiran, terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar banyak pikiran menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Ya, dalam jangka panjang terdapat kemungkinan munculnya berbagai penyakit akibat seringnya mengalami stres. Apa yang terjadi pada orang yang mengalami stres yang kronik adalah perubahan pada sistem otaknya terutama area yang disebut hipotalamus, yang berhubungan dengan sistem hormonal otak dan sistem saraf otonom.

Ketika stres tidak diadaptasi baik oleh otak, maka hipotalamus akan mengaktifkan sistem hormonal otak yang melibatkan jaras Hipotalamus Pituitary Adrenal (HPA-Axis) yang produk akhirnya adalah hormon stres yang bernama Kortisol. Hormon ini mempunyai fungsi membalikkan keadaan normal fisiologis dari tubuh. Hormon kortisol ini akan membuat peningkatan gula darah, peningkatan denyut jantung, menurunkan produksi antibodi serta meningkatkan asam lemak dalam darah. Berbagai efek ini berkaitan dengan munculnya berbagai penyakit kronis misalnya hipertensi, penyakit jantung, dsb. Selain itu penurunan imunitas juga dapat terjadi, yang menyebabkan seseorang rentan tertular berbagai macam penyakit.

Sedangkan lewat jalur saraf otonom, stres yang kronik akan memicu sistem saraf untuk meningkatkan tekanan darah, mengurangi produksi saliva (ludah), menghentikan kerja lambung, meningkatkan kerja paru-paru sehingga bernapas lebih cepat dan dalam serta meningkatkan asupan oksigen.

Keadaan ini jika terjadi secara kronis bisa berakibat pada melemahnya fungsi-fungsi organ tubuh walaupun tidak selalu sampai mengalami kerusakan organ. Pasien biasanya datang ke dokter pada saat keadaan mulai mengalami gejala-gejala kecemasan dan fisik yang terganggu tetapi belum sampai mengalami kerusakan organ yang permanen.Tidak heran jika diperiksa secara obyektif dengan alat kedokteran canggih pun seperti CT-Scan, Endoskopi, MRI, MSCT bahkan Angiography belum terlihat adanya kelainan.

Dengan begitu melihat banyaknya efek kronik akibat stres berkepanjangan sebaiknya segera

Demikian informasi seputar banyak pikiran yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar