Sukses

Penanganan Obesitas

15 Sep 2018, 09:58 WIB
Wanita, 32 tahun.

Selamat siang dokter Saya ingin konfrim, dengan usia saya 32 thn hasil TB/BB saya setelah dilakukan MCU di tempat bekerja..adalah obesitas sentral Apakah solusi untuk penurunan berat badan tersebut..dan dapat di konsultasikan ke spesialis dokter apa? Terima kasih

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai obesitas melalui fitur tanya dokter. 

Berat badan ideal dapat dicapai dengan menyesuaikan antara asupan masuk dan keluar. Dengan demikian, untuk menurunkan berat badan, masukan kalori atau makanan Anda harus lebih sedikit dari kalori yang Anda keluarkan. Yang terbaik adalah dengan mengurangi porsi makan Anda dan melakukan olahraga secara teratur. Adapun olahraga jenis aerobik sangat berguna untuk membakar lemak dan meningkatkan kecepatan metabolisme. Dan diet yang dianjurkan adalah diet rendah lemak, renda karbohidrat simpleks, tinggi serat, tinggi karbohidrat kompleks, dan protein. Berikut adalah tips-tips yang dapat Anda terapkan untuk menurunkan berat badan:

Olahraga seminggu 3 kali, setiap kali minimal 30 menit 

Kurangi konsumsi nasi putih, mie kuning, roti putih. Anda dapat mengonsumsi beras merah atau roti gandum sebagai pengganti karbohidrat simpleks

Hindari konsumsi gorengan dan makanan instan seperti sosis, sarden, kornet, dsb

Perbanyak konsumsi buah dan sayur. Pilihlah buah yang masih segar dan belum diolah

Perbanyak minum air putih (minimal 8 gelas sehari)Batasi makan malam sampai jam 7 malam. Apabila melebihi jam tersebut, Anda dapat mengonsumsi buah atau sayur.

Gunakan minyak zaitun dalam jumlah sedikit apabila ingin menumis sayuran

Menurunkan berat badan membutuhkan waktu, kesabaran, dan kedisiplinan. Namun jika Anda melakukannya dengan sepenuh hati dan tepat, maka akan membuahkan hasil seperti apa yang Anda impikan.

Anda dapat minta bantuan Dokter Spesialis Gizi untuk mengatur kebutuhan nutrisi Anda dan juga bantuan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga untuk membantu menentukan resep olahraga Anda. 

Demikian, semoga bermanfat. 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar