Sukses

Keluar Lendir dari Vagina

15 Sep 2018, 09:18 WIB
Wanita, 36 tahun.

Selamat pagi dok, Sya ingin bertanya... Tgl 28 Juli di lakukan kuret usia 6 weeks. Tgl 4 Agustus sudah bersih. Smp dengan saat ini blm haid juga. Tgl 26 Agustus lakukan HB sperma keluar di luar. Tgl 8 Sept lakukan HB dgn kondom. Kemarin pagi menemukan bercak lendir bening/putih pd celana dalam, sblmnya/semalam sebelum tidur perut terasa agak mules/nyeri dan vagina berasa basah. Pas mandi pagi terasa sekali agak lumayan banyak dan agak lengket d tangan saat membasuh/membersihkan. Siang nya menemukan lendir bening seperti lem di pantyliner. Tidak ada aktifitas apa2 malam sebelumnya. Semalam dan bangun tadi pagi menemukan lagi lendir kental d celana dalam, bening agak keputihan. Kenapa smp dgn saat ini blm ada siklus haid lagi dan lendir yang 2 hari ini di temukan itu kenapa yah, Dok? Terima kasih.

Terimakasih telah bertanya tentang Keluar Lendir dari Vagina melalui fitur Tanya Dokter.

Keputihan memang normal dialami dalam siklus menstruasi. Kelenjar-kelenjar pada vagina dan mulut rahim (serviks) memproduksi cairan dalam jumlah sedikit. Cairan ini mengalir keluar dari vagina setiap hari, membawa sel-sel tua dinding vagina. Dengan proses ini, vagina dijaga agar tetap sehat dan bersih. Cairan ini biasanya bening atau sedikit seperti susu dan tidak berbau.

Warna dan kekentalan cairan berganti-ganti selama siklus menstruasi. Cairan akan lebih kental ketika terjadi ovulasi (dikeluarkannya sel telur dari ndung telur), ketika menyusui, atau ketika terangsang secara seksual. Keputihan yang tidak normal ditandai perubahan karakteristik cairan keputihan yang keluar, baik dari segi jumlah, warna (kuning kehijauan, putih bergumpal-gumpal), bau (busuk, amis), maupun terdapat tanda-tanda lain yang menyertai (gatal, panas).

Jika keputihan masih berwarna bening, jumlahnya tidak banyak dan tidak gatal maupun berbau kemungkinannya adalah keputihan yang normal. Jika sudah ada perubahan warna atau jumlahnya sangat banyak, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk dilihat dan diperiksa secara langsung. Jika memang terdapat infeksi bakteri, dapat diberikan pengobatan yang sesuai.

Mengenai siklus haid, sangat dipengaruhi faktor hormonal. Setelah mengalami keguguran, maka tubuh perlu menyesuaikan diri kembali dengan keadaan hormonal sebelum hamil. Umumnya siklus haid akan kembali dalam beberapa bulan. Jika memang belum haid kembali setelah beberapa bulan, silahkan konsultasi kembali dengan dokter kandungan yang menangani anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Keluar Lendir dari Vagina. Semoga bermanfaat untuk Anda.

    0 Komentar

    Belum ada komentar