Sukses

Rasa Menyangkut pada Tenggorokan

15 Sep 2018, 09:18 WIB
Wanita, 37 tahun.

Dok mau tanya.. sudah kurang lebih dari 2 minggu saya merasakan setiap x sehabis makan terasa di tenggorokan ada yg nyangkut padahal makan gk sakit dn mengunyah pun biasa. Tpi seperti ada yg menuangkut di tenggorokan bahkan sampai pas bangun tidur pun masih terasa. Kira-kira kenapa ya dok..?

Terima kasih telah menggunakan fitur TanyaDokter

Halo,

Kami memahami keadaan yang anda alami. Keadaan yang anda alami pasti sangat membuat anda tidak nyaman. Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, kami hanya dapat membuat dugaan sementara. Karena untuk mendapatkan diagnose yang akurat, perlu dilakukan pemeriksaan langsung pada pasien.

Dugaan diagnose sementara kami anda mengalami Sensasi Globus. Sensasi globus adalah istilah yang digunakan ketika seseorang merasa seakan-akan ada benjolan di tenggorokan, padahal saat diperiksa tidak terdapat suatu benjolan. Sensasi ini dapat hilang dan timbul secara spontan. Sensasi globus tidak mengganggu proses (menelan) makan dan minum, malah untuk beberapa pasien gejala ini dapat reda dengan proses makan dan minum.

Penyebab sensasi globus belum dapat dipastikan. Para spesialis mengatakan bahwa sensasi globus terjadi karena gangguan pada koordinasi otot-otot yang berfungsi untuk menelan. Biasanya gejala ini tidak disertai rasa sakit di tenggorokan. Kebanyakan pasien baru menyadari adanya gejala ini ketika mereka menelan ludah. Sensasi globus ini sebenarnya tidak berbahaya dan tidak menimbulkan komplikasi. Namun anda harus waspada jika gejala sensasi globus timbul disertai gejala kesulitan menelan, karena bisa jadi adalah suatu tanda penyakit berikut:

  • Spasme Esofagus
  • Refluks Gastroesofageal
  • Gangguan otot, misalnya Myasthenia Gravis atau Polymyositis
  • Kanker di saluran pencernaan
  • Gangguan saraf

Periksakan keadaan anda kepada dokter spesialis THT untuk mendapatkan gambaran dan diagnose yang tepat. Untuk meredakan sensasi globus biasanya dokter akan menyarankan fisioterapi untuk otot-otot disekitar leher/tenggorokan.

Semoga jawaban kami dapat membantu anda.

    0 Komentar

    Belum ada komentar