Sukses

Anak Tersedak Susu

15 Sep 2018, 06:42 WIB
Pria, 28 tahun.

Selamat malam dok, mau tanya. Anak saya usia 6bulan 2 minggu kemaren siang itu dikasi makan buah jam 13.00 buah pepaya yg dihaluskan dalam porsi ckup banyak. Lalu jam 14.30 susu 160 ml dan nambah di jam 15.00 90 ml. Tapi minum susu yg ke 2 posisi bayi telentang tanpa bantal..Tapi tetep gelisah gak bobok juga (kondisi anak mengantuk) lalu diajak becanda dia ketawa ketawa jadi batuk kaya tersedak keluar cairan sedikit seperti nyembur pas diangkat didudukkan muntah nya jadi keras menyembur keras kurleb 5 x dalam jumlah yang sangat banyak, anak tidak kesakitan dan tidak menangis, malah setelah muntah aktif bermain apa itu berbahaya dok ?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai tersedak melalui fitur Tanya Dokter. 

 

Tersedak adalah tersumbatnya trachea (batang tenggrok) oleh benda asing, muntah atau cairan lain. Gejala dari tersedak sendiri adalah :

Tidak dapat berbicara atau menjeritWajah membiru akibat kekurangan oksigenPenderita seperti tercekikBatuk dan pernapasan yang dipaksakan menimbulkan suara hempasan yang tinggi.Jadi di dalam tubuh kita terdapat tenggorokan. Tenggorokan kita mempunyai 2 saluran yaitu kerongkongan dan trachea. Kerongkongan (jalan makan) berfungsi memasukkan makanan ke dalam perut. Pada awal trachea ada pita suara. Saat kita makan atau minum pita suara ini tertutup yang mencegah makanan masuk ke saluran pernapasan. Tersedak adalah suatu proses dimana makanan salah masuk jalur, masuk ke trachea (jalan nafas). Cairan tidak dapat masuk ke otak karena tersedak.

Dapat disebabkan oleh keadaan tidak sadar atau banyak alihan saat makan, seperti tertawa, ngobrol,dll. Saat makanan/minuman masuk ke paru-paru dapat menyebabkan aspirasi dan merupakan hal yang bahaya. Namun apabila kita tersedak pasti kita akan ada reflex batuk, dimana batuk ini akan mengeluarkan makanan dari jalur yang salah ke jalur yang benar. 

Hubungilah rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan gawat darurat. Petolongan medis yang profesional sangatlah diperlukan dalam keadaan gawat darurat, seperti saat seseorang tersedak yang dapat mengakibatkan sumbatan saluran pernapasan.

Pada kasus anak Anda, terjadi batuk sebagai refleks pertahanan saluran napas sehingga cairan dikeluarkan dari saluran napas. Observasi anak Anda, jika ada tanda-tanda sesak, napas cepat, kurang aktif, segera bawa ke rumah sakit.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tersedak. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar