Sukses

Herpes Zoster

15 Sep 2018, 06:38 WIB
Wanita, 19 tahun.

Selamat malam dok. Mau tanyak kalau terkena penyakit kayap api itu bagaimana. Ini penyakitnya berawal terkena penyakit kayap api tpi sblmnya sudah ada diabetes basah sama gula basah dan penyakitnya itu sudah mulai parah sampai sudah berlobang keliatan dagingnya di bagain belakang badan di atas pinggang dan mengeluarkan nanah . Jadi ini bagaimana dok mengatasi penyakit ini

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya mengenai herpes zoster menggunakan fitur Tanya Dokter.

Penyakit kayap api dalam dunia kedokteran disebut herpes zoster. Herpes zoster adalah infeksi yang disebabkan oleh virus varisela-zoster dan menyerang kulit, mukosa, serta saraf. Virus variselazoster ini didapat saat seseorang terkena cacar air dan kemudian virus dapat tinggal di sistem saraf dan dapat tereaktivasi jika orang tersebutmengalami stres berlebih atau penurunan daya tahan tubuh. Karena disebabkan oleh virus, maka penyakit ini dapat sembuh sendiri (self limiting disease) dalam jangka waktu beberapa hari asalkan daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh meningkat.

Virus varisela-zoster merupakan virus yang sama yang menyebabkan cacar air, untuk itu memang dapat menular. Herpes zoster dapat menular pada mereka yang belum pernah terkena cacar air dan yang akan timbul adalah cacar air bukan herpes zoster. Setelah seseorang terkena cacar air maka orang tersebut dapat terkena herpes zoster bila mengalami stresberlebih atau penurunan daya tahan tubuh. Mereka dengan herpes zoster tidak terlalu menularkan virus seperti mereka yang dengan cacar air. Penularan dapat terjadi melalui kontak langsung dengan kulit yang mengalami lesi karena virus dapat menyebar melalui udara.

Pada kasus yang Anda sampaikan, kami sangat menganjurkan ke dokter karena pada penderita diabetes, proses penyembuhan luka biasanya relatif lebih sulit dan dibutuhkan penanganan khusus untuk mencegah komplikasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai herpes zoster, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar