Sukses

Pengobatan TB Paru

14 Sep 2018, 16:00 WIB
Wanita, 29 tahun.

Selamat sore dok. Dok saya Rachma.saya memiliki kakak yg menderita TBC,sudah 2 bulan ini menjalani pengobatan suntik selama 60 x dibagian pantat (maaf). Nah kan sudah selesai di suntik selama 60 x dok. Kira" setelah itu apa kah msh hrus minum obat antibiotik yg disarankan selama ini atw apakah msh ada pengobatan lanjutannya lagi ya dok? Soalnya kakak saya kalau diajak berobat ke RS sudah susah keadaanya krn drop sekali dok. Selama ini suntik 60 x kita panggil perawat dok

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah bertanya seputar pengobatan TB menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Penyakit TB (Tuberkulosis) Paru dapat disembuhkan, namun hal ini bergantung pada kepatuhan penderita terhadap pengobatan yang memang berlangsung dalam jangka waktu yang lama, minimal 6 bulan. Jika baru 1 bulan, Anda diharapkan untuk bersabar demi mencapai kesembuhan.

Pengobatan TB memang membutuhkan kedisiplinan dan waktu yang panjang. Hingga kini, belum ada obat TB terbaru yang dapat menyembuhkan TB dalam waktu yang singkat. Seseorang dengan TB harus menuntaskan pengobatan yang lama tersebut hingga benar-benar dinyatakan terbebas dari penyakit TB. Lama pengobatan TB pada penderita dapat berkisar 6- 9 bulan, tergantung dari jenis TB dan respon penderita terhadap pengobatan. Sejauh ini, jenis obat TB yang efektif kombinasi dari penggunaan empat obat-Rifampisin, INH, Pirazinamid, dan Etambutol, ditambah dengan suntikan Streptomisin pada mereka yang tergolong dalam Penderita TB kategori 2 ( pasien kambuh, gagal ataupun dengan riwayat pengobatan terputus).

Penyakit ini dapat kambuh jika imunitas (daya tahan) tubuh seseorang menurun dan juga orang tersebut menjalankan pola hidup yang tidak sehat. Saat ini yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa pengobatan mertua Anda berjalan dengan baik, lengkap dan selesai. Pastikan Anda juga mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi cukup untuk menunjang sistem pertahanan tubuhnya (imunitas). Anda juga perlu istirahat yang cukup. Anda juga perlu kontrol ke dokter. Anda untuk mengetahui perkembangan respon pengobatan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar