Sukses

5 bulan Belum Tengkurap

14 Sep 2018, 15:09 WIB
Wanita, 26 tahun.

Assalmkm. Dr jadi gini saya punya anak tapi sekarang usia 5 bulan kurang 8 hari dia masih ogah ogahan untuk tengkurap. Saya khawatir dok. Apa dia ada kelainan, angkat kepala sudah bisa kalau kita miringkan dia mau tengkurap tapi kalau enggak ya gak. Saya juga sdah stimulasi biar mau tengkurap sendiri. Tapi masih susah. Ank seumuran dia disini udah bolak balik sendiri tengkurap nya. Apa yang harus saya lakukan dok. Terima kasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Salam kami untuk buah hati Anda dan keluarga. Kami memahami kekhawatiran Anda. Berdasarkan grafik pertumbuhan dan perkembangan anak seperti yang tercantum dalam Kartu Menuju Sehat (KMS), seorang anak mulai belajar mengangkat kepala dengan tegak pada posisi telungkup pada usia 3-6 bulan.

Pada rentang usia 3-6 bulan, seorang anak pada umumnya sudah mampu melakukan:

Berbalik dari telungkup ke telentangMengangkat kepala setinggi 90ºMempertahankan posisi kepala tetap tegak dan stabilMenggenggam pensilMeraih benda yang ada di dalam jangkauannyaMemegang tangannya sendiriBerusaha memperluas pandanganMengarahkan matanya pada benda-benda kecilMengeluarkan suara gembira bernada tinggi atau memekikTersenyum ketika melihat mainan / gambar yang menarik saat bermain sendiri. tulah garis besar perkembangan yang seharusnya bayi anda capai. Namun perkembangan ini sangat bervariasi dan berbeda-beda pada setiap anak, tergantung dari stimulasi yang didapatkan oleh anak dari lingkungan disekitarnya. Anda tidak perlu khawatir jika anak Anda sedikit lebih lambat perkembangannya, selama masih berada dalam batas wajar. Anda dapat mengejar ketertinggalannya dengan meningkatkan stimulasi yang diberikan ke pada bayi Anda seperti memberikan stimulasi benda dari arah yang berbeda sehingga dia akan berusaha untuk meraihnya. Anda dapat memantau tumbuh kembang anak pada RUBRIK KHUSUS TUMBUH KEMBANG ANAK yang telah kami sediakan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar