Sukses

Urat Merah Pada Pipi

14 Sep 2018, 01:24 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya mau tanya. Saya sudah memakai dermovate cream warna hijau cukup lama dan menghabiskan 1 bungkus lebih. Awalnya saya hanya tau itu untuk memutihkan wajah karena melihat di online shop jadi saya oleskan saja di seluruh wajah setiap malam. Setelah saya browsing ternyata itu obat alergi/anti radang. Sekarang muncul benjolan di pipi saya agak besar tapi didalam kulit dan padat dok, berwarna ungu kebiruan. Benjolan apa ya itu dok? Lalu kulit saya seperti menipis dan terlihat urat2 merah di wajah dok. Itu kenapa ya dok dan bagaimana cara mengatasinya?

Terima kasih telah bertanya tentang Urat Merah Pada Pipi melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Urat-urat merah yang terliat di pipi sangat mungkin disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah di wajah. Sekilas izinkan kami menjelaskan mengenai pelebaran pembuluh darah di wajah. Pelebaran pembuluh darah di wajah adalah kelainan jinak pembuluh darah kapiler di wajah,dimana kapiler membesar permanen. Pelebaran pembuluh darah ini terjadi karena melembahnya serat elastis pada dinding pembuluh darah. Bisa terjadi secara genetic. Paling sering terjadi di daerah pipi, dahi, hidung, lipatan mata, leher dan dada atas.

Terdapat dua jenis pelebaran pembuluh darah di wajah yang sering ditemukan, yaitu telangiectasia dan spider veins . Perbedaannya adalah pada sumber kapilernya. Telangiektasia berasal dari beberapa kapiler, sedangkan spider vein berasal dari 1 arteri kecil (arteriol).

Telangiektasia paling sering ditemukan pada:

  • Orang dengan kulit sensitif
  • Orang yang sering terpapar sinar matahari yang berlebihan,Rosacea.
  • Peradangan pada kulit atau pembuluh darah ,
  • Orang yang sering menggunakan krim mengandung steroid atau merkuri secara berlebihan dan bebas tanpa pengawasan dokter.
  • Penyakit autoimun, seperti lupus.

Telangiektasia terlihat seperti garis merah tipis di kulit, umumnya di pipi dan hidung. Dalam beberapa kasus, kapielrnya mungkin sangat kecil sehingga tidak terlihat dan hanya tampak gejala kemerahan umum di kulit

Saran saya untuk saat ini sebaiknya hentikan penggunaan krim tersebut. Penanganan nya sampai saat ini belum ada terapi alami yang ditemukan untuk menghilangkan pelebaran pembuluh darah tersebut. Saat ini terapi yang direkomendasikan adalah:

  1. Elektrocauter
  2. Laser
  3. Intense Pulsed Light (IPL)

Kulit wajah yang sehat dan mulus akan timbul alami pada setiap manusia, asalkan kulit terawat, menerapkan gaya hidup sehat lengkap dengan asupan nutrisi yang memadai serta berpikir positif untuk memancarkan kecantikan dari dalam.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Urat Merah Pada Pipi. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar