Sukses

TBC pada Anak Kambuh

13 Sep 2018, 14:36 WIB
Pria, 33 tahun.

Siang dok saya mau nanya,setaun yg lalu anak saya udah dinyatakan sembuh dari penyakit tb/flek,itupun nyampe setaun berobatnya,minggu kmren sempet masuk rs karena muntaber,nah kmren tes mantoux ternyata ank saya kena flek lagi,dan harus minum obat selama 6 bulan Apakah bahaya bagi ank saya dok,mengingat kok harus minum obat tiap hari selama berbulan bulan,terus kenapa bisa kambuh lagi,,apakah obat flek bisa berdampak pada ginjal dan hati ank saya Terima kasih dok,,,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter klikdokter.

Halo, penggunaan obat TBC paru harus dipantau oleh dokter. Dalam jangka waktu tertentu selama pengobatan, dokter akan melakukan pemeriksaan fungsi hati untuk mengetahui apakah obat tersebut memberikan efek samping pada pasien atau tidak.

Rifampicin memiliki efek samping gangguan pencernaan, gangguan fungsi hati, kuning, gejala flu, reaksi kulit, dan gangguan pada darah.

Pyrazinamide memiliki efek samping hepatotoksisitas (gangguan pada hati), gout (asam urat), anemia skleroblastik, gangguan pencernaan, ulkus peptikum (perlukaan pada pencernaan), disuria (nyeri berkemih), demam, lemas, alergi

INH memiliki efek samping gangguan pada saraf (periferal neuropati), mual, muntah, gangguan pencernaan, gangguan hati, gangguan pada darah.i.

Secara garis besar, pemeriksaan darah diperlukan selama masa pengobatan dan pengobatan harus tetap dilakukan dalam pengawasan dokter. Kami menyarankan agar Anda selalu berkonsultasi ke dokter spesialis paru dimana Anda memperoleh obat-obatan tersebut untuk dievaluasi apakah keluhan ini terjadi akibat efek samping obat TB tersebut atau tidak dan saat ini yang paling tepat adalah anak Anda tetap konsumsi obat TBC kembali secara rutin selama 6 bulan. 

Sekalipun sudah dinyatakan sembuh, seseorang tetap dapat terkena TBC lagi. Seperti yang sudah dikatakan, TBC ditularkan melalui udara, jadi yang terpenting adalah menjaga daya tahan tubuh dan mencegah kontak langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar