Sukses

Seputar Mata Juling

14 Sep 2018, 07:04 WIB
Pria, 21 tahun.

Apakah juling termasuk disabilitas..??

 

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan tentang mata juling.

Kami memahami kekhawatiran akan kondisi Anda. Disabilitas adalah istilah yang meliputi gangguan, keterbatasan aktivitas, dan pembatasan partisipasi. Apakah mata juling tersebut menyebabkan gangguan aktivitas? Mata juling atau dalam dunia kedokteran disebut dengan strabismus adalah suatu kondisi dimana kedua mata tidak tertuju pada satu obyek yang menjadi pusat perhatian secara bersamaan. Keadaan ini bisa menetap (selalu tampak) atau dapat pula hilang timbul yang muncul dalam keadaan tertentu saja seperti saat sakit atau stress. Mata yang tampak juling dapat terlihat lurus dan yang tadinya tampak lurus dapat terlihat juling. Hal ini kemungkinan tidak berkaitan dengan riwayat kecelakaan, trauma kepala dll.

Terdapat beberapa jenis strabismus:• Esotropia : mata bergulir ke arah dalam• Eksotropia : mata bergulir ke arah luar• Hipertropia : mata bergulir ke arah atas• Hipotropia : mata bergulir ke arah bawah

Penanganan dini terhadap strabismus penting dilakukan agar tidak terjadi gangguan mata yang lebih berat seperti terjadi ambliopia, dimana tajam penglihatan tidak mencapai optimal sesuai dengan usia dan intelegensianya walaupun sudah dikoreksi kelainan refraksinya.

Setelah pemeriksaan mata lengkap, dokter spesialis mata dapat merekomendasikan terapi yang sesuai. Menutup mata yang normal dengan sebuah penutup (patching) bisa memperbaiki penglihatan pada mata yang melenceng dengan cara memaksa otak untuk menerima suatu gambaran dari mata tanpa menghasilkan penglihatan ganda.

Pada beberapa kasus, pemberian kacamata dapat meluruskan kedudukan bola mata. Terapi lain berupa tindakan operasi untuk menyeimbangkan otot yang tidak seimbang atau operasi katarak bila terdapat katarak.

Berkenaan dengan kondisi Anda saat ini, kami sangat menyarankan untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis mata untuk mengetahui jenis dan derajat strabismus yang Anda alami. Dokter akan menentukan penanganan lebih lanjut untuk kondisi Anda.

Demikian, semoga informasi tentang mata juling ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar