Sukses

Penggunaan Baby Walker

14 Sep 2018, 07:04 WIB
Wanita, 31 tahun.

Malam dok. Anak saya umur 11 bulan. Saat ini sedang aktif2nya berjalan merambat berpegangan kpd sesuatu. Yg mau saya tanyakan adalah bolehkah mengajarkan anak berjalan menggunakan baby walker walking assistant?

Terima kasih telah memggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter

 

Baby walker adalah alat yang dapat digunakan oleh bayi yang belum bisa berjalan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Umumnya baby walker dibuat dengan bahan plastik keras yang berdiri di atas roda dan memiliki 2 lubang untuk tempat memasukkan kaki. Alat ini digunakan untuk anak berusia 4 - 16 bulan.

Banyak orangtua yang percaya bahwa baby walker dapat membuat anak berjalan lebih cepat. Namun berdasarkan beberapa penelitian, diambil kesimpulan bahwa hal ini tidak benar. Penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Pediatrics menyimpulkan bahwa penggunaan baby walker dapat menyebabkan kecelakaan (jatuh dari tangga, cedera kepala).

Walker tidak membantu bayi untuk lebih cepat berjalan, mereka justru memperlambat perkembangan normal motorik dan perkembangan mental. Karena data menunjukkan bahwa banyak kecelakaan, bahkan kematian terjadi akibat penggunaan baby walker dan tidak ada bukti yang jelas menunjukkan kegunaannya, maka the American Academy of Pediatrics merekomendasikan pelarangan terhadap produksi baby walker.

Penelitian lain menunjukkan bahwa bayi berusia 6 - 15 bulan yang diberikan walker akan menunjukkan bayi tersebut lebih sering duduk , merangkak, dan berjalan lebih lambat dibandingkan mereka yang tidak menggunakan walker, bayi dengan walker juga mencetak angka lebih rendah pada Bayley scales of mental and motor development (http://en.wikipedia.org/wiki/Bayley_Scales_of_Infant_Development). Jadi memang berdasarkan penelitian yang dilakukan, baby walker lebih banyak bahayanya dan tidak terbukti jelas kegunaannya di dalam membantu bayi untuk lebih cepat berjalan.

Bayi akan mengalami perkembangan motorik kasar mulai dari duduk, merangkak, berdiri, berjalan, dan berlari. Menurut Skor Denver II, anak mulai belajar berdiri dan melangkah pada usia 8-9 bulan. Banyaklah berlatih secara alami dengan memegang anak berdiri dan 'tetah' agar anak lebih cepat berjalan.

0 Komentar

Belum ada komentar