Sukses

Penyebab Sel Telur Kecil

14 Sep 2018, 05:48 WIB
Pria, 25 tahun.

dokter saya menikah 14 bulan yg lalu kemarin saya USG hasilnya Ovum Saya kecil. sama dokter disarankan untuk minum vitamin selama 1 bulan jika belum berhasil saya kontrol ulang dan sekrang saya mengkonsumsi profeltil selama 5 hari pd saat haid.... yang saya tanyakan dokter apa penyebab ovum ini kecil? kemudian solusinya apa dokter? terus siklus haid saya 34 hari waktu yang bagus untuk sengama pada ari keberapa dokter?

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Sel telur yang kecil-kecil biasanya berhubungan dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS).

iasanya wanita dengan PCOS memiliki ukuran sel telur yang kecil. Ukuran sel telur yang matang (siap untuk dibuahi) adalah 18 - 25 mm. Perkembangan folikel (sel telur) sangat dipengaruhi oleh hormon estrogen. Jika terdapat gangguan dalam proses sintesis hormon ini, maka dapat menyebabkan gangguan perkembangan folikel. Dokter juga biasanya akan melakukan pemeriksaan kadar gula darah dan insulin karena PCOS dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

Proses ovulasi dipengaruhi oleh pengeluaran hormon estrogen dan progesteron yang dipengaruhi oleh kelenjar hipofisis dan hipothalamus di otak. GnRH merangsang kelenjar hipofisis memroduksi hormon FSH-LH, kemudian FSH dan LH merangsang indung telur (ovarium) untuk memroduksi hormon estrogen dan progesteron. Jika jalur tersebut berjalan baik maka dapat terjadi proses ovulasi atau telur siap untuk dibuahi.

Prolaktin merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis di otak. Kadar prolaktin tinggi akan menghasilkan reaksi umpan balik negatif dan membatasi produksi hormon GnRH dan FSH yang berperan dalam proses ovulasi. Kedua hormon ini juga bertanggung jawab terhadap pertumbuhan sel telur. Bila kadar prolaktin dalam badan tinggi, ovulasi tidak akan terjadi dan menyebabkan susah hamil.

Ada beberapa jenis obat yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi masalah gangguan ovulasi, namun obat ini harus diresepkan dan berada di bawah pengawasan dokter. Maka dari itu, kami menyarankan Anda untuk rutin kontrol dengan dokter kandungan yang menangani. Sebaiknya dengan yang ahli fertilitas (SpOG-KFER).

Terkait masa subur Anda, dengan siklus 34 hari, adalah sebagai berikut:

Masa subur berlangsung selama 6 hari, yaitu pada 2 hari sebelum ovulasi (pelepasan sel telur) hingga 3 hari setelah ovulasi. Kemungkinan hamil akan tinggi bila hubungan intim dilakukan pada waktu-waktu ini.

Untuk mengetahui kapan Anda berovulasi, berikut caranya:

  • Catat selalu rata-rata siklus haid Anda. Hari 1 adalah hari pertama Anda haid.
  • Ovulasi terjadi kurang lebih 2 minggu (14 hari) sebelum haid berikutnya. Apabila siklus haid rata-rata 34 hari, Anda akan ovulasi di sekitar hari ke-20 dari hari pertama haid terakhir. Dengan demikian masa subur Anda ialah dari hari ke-18 hingga ke-23.

Jika Anda kesulitan untuk memperhitungkan masa subur secara manual. Silakan gunakan health tools kami di sini: Kalender Kesuburan.

Baca juga: Kenali 5 Tanda Wanita Dalam Masa Subur

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar