Sukses

Pengobatan Skabies

14 Sep 2018, 05:21 WIB
Pria, 14 tahun.

Dok, saya terkena scabies, dan dikasih dokter puskesmas, pil orphen, grathazon, dan pil xiltrop amoxilin trihydrate, apakah itu saja sudah cukup? Dan scabies saya sudah terkena infeksi di bagian kaki dan pantat. Apa yang sebaiknya saya lakukan jika nanahnya keluar?

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Dari riwayatnya, bila betul ini skabies dan bernanah, artinya sudah mengalami infeksi sekunder oleh bakteri.

Dari obat-obatan yang diberikan, hanya ada obat antiradang, antigatal dan antibiotik. Belum ada obat yang betul-betul menyasar skabiesnya. Untuk obat antiradang seperti grathazon tidak dianjurkan digunakan pada kasus skabies karena dapat memperburuk kondisinya.

Pengobatan yang spesifik untuk skabies adalah dengan krim permetrin 5% yang dioleskan ke seluruh tubuh dari leher ke bawah, selama semalam lalu basuh hingga bersih pada pagi hari. Diamkan krim selama minimal 8-10 jam. Pengobatan ini biasanya diulang setelah 1 minggu apabila belum sembuh. 

Hal lain yang dapat dilakukan adalah merendam pakaian, seprei dan selimut yang dipakai ke dalam air panas. Tidak ada pantangan terhadap makanan/minuman tertentu. 

Bila tidak kunjung sembuh, kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter kulit untuk pengobatan lebih lanjut. Selain itu, pengobatan juga harus ditujukan kepada penderita lain yang kemungkinan berkontakan dengan Anda, baik di rumah maupun tempat kerja.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar