Sukses

Menangani Luka Kaki Penderita Diabetes

14 Sep 2018, 05:20 WIB
Pria, 30 tahun.

Dok mau tanya ibu saya luka di betis kaki tidak sembuh.gulanya sblmnya 600 tp sekarang sudah 239 keadaan tdk puasa...gimana solusinya...lukanya sakit kalau d pegang

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Pada dasarnya luka kaki pada penyandang diabetes lebih sulit sembuh bila dibandingkan dengan luka kaki pada orang biasa. Hal ini terjadi karena adanya gangguan pembuluh darah pada penyandang diabates sehingga proses penyembuhan luka lebih lambat dan membutuhkan penanganan khusus. Agar luka kaki diabetes cepat sembuh, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti mengontrol kadar gula darah dengan baik, mengatasi infeksi, dan perawatan luka dengan baik. Kami menganjurkan anda untuk berobat ke dokter yang ahli diabetes untuk hal ini (SpPD-KEMD). Dokter akan memberikan obat untuk mengontrol gula darah dan infeksi. Selanjutnya, tindakan perawatan luka dengan pembersihan dan pergantian verban harus dilakukan secara rutin ke klinik atau rumah sakit. Dengan perawatan luka secara telaten, mudah-mudahan luka kaki diabetes dapat sembuh kembali.

Di samping itu, ibu Anda perlu konsumsi makanan tinggi protein. Ini bisa dibantu dengan mengonsumsi putih telur setiap hari. Jika luka masih besar, konsumsi putih telur bisa 5-7 butir sehari.

Untuk target pengendalian gula darah pada diabetes adalah sebagai berikut:

  • HbA1c <7% (optimal bila <6,5%)
  • Gula darah puasa <80-130 mg/dL (optimal bila <110 mg/dL)
  • Gula darah  2 jam post prandial (setelah makan) <180 mg/dL (optimal bila <140 mg/dL)

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar