Sukses

Solusi Puting Lecet Saat Menyusui

14 Sep 2018, 05:11 WIB
Wanita, 25 tahun.

Puting lecet kdng berdrah trs ampe klitn putih kekuning"an diPDnya..bleh dikasih nen k ddnya gak ya bun...trs biar cpt smbuh gmn ys ud dikash salep sama dkter.trs ud aq olesin minyk zaitun..sma aq oles ASI sesudah dan sblm ksh k dd..tpi blm smbuh jg.

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Pada ibu menyusui, lecetnya puting disebabkan oleh posisi menyusui yang salah, tidak sempurnanya perlekatan antara mulut bayi dengan puting ibu atau karena gigitan bayi bila sudah tumbuh gigi.

Lecet pada puting/areola ini kemudian bisa mengalami infeksi akibat kuman dari mulut bayi maupun dari kuman yang ada di kulit payudara Anda. Ini harus dicegah agar tidak terjadi mastitis (peradangan/infeksi payudara yang sesungguhnya) yang ditandai dengan puting bengkak, kemerahan, nyeri, dan ada demam.

Pada dasarnya, Anda tetap bisa menyusui bayi meski puting lecet. Namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelumnya:

  • Biasakanlah untuk menjaga kebersihan daerah puting payudara Anda. Bersihkan puting sebelum dan usai menyusui.
  • Jangan menghentikan pemberian ASI pada bayi Anda jika terjadi puting lecet, karena tidak keluarnya ASI dapat memperparah peradangan yang terjadi.
  • Dapat pula diberikan salep lanolin murni untuk membantu proses penyembuhan lecetnya puting tersebut. Salep dapat diberikan saat ibu sedang tidak menyusui. Jika tiba saatnya untuk menyusui jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu puting ibu supaya salep yang terdapat pada puting tidak tertelan oleh bayi.

Baca juga: 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar