Sukses

Haid Tidak Teratur, Apa Sebabnya?

14 Sep 2018, 05:11 WIB
Pria, 30 tahun.

selamat siang dokter, saya ingin bertanya tentang permasalahan mentruasi saya yang kurang lebih 1 tahun ini menjadi tidak teratur, masa periode semakin sedikit terkadang hanya 3 hari saja flek dan jika ada darah mens juga sedikit, darah seperti mengental dan berwarna merah tua. saya sudah berobat ke spog dilakukan usg dan dinyatakan rahim baik2 saja, lalu saya diberi obat pil diane. dan 2 bulan dianjurkan kontrol lg di usg lg rahim normal. dan mens saya msh tetap semakin sedikit dok, malah hanya flek2 saja. sebenarnya ada gangguan apa ya dok? krn sblmnya mens saya lancar2 saja dan periodenya bisa seminggu darah mens jg cair dan warna darah merah segar.

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Siklus haid tidak teratur dapat terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal dan gangguan organ reproduksi. Adapun siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  1. Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  2. Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  3. Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  4. Malnutrisi (kurang gizi)
  5. Stres psikologis
  6. Atlet
  7. Kekurangan vitamin K
  8. Penggunaan obat-obatan tertentu
  9. Kelainan pembekuan darah
  10. Gangguan hormon tiroid

Saran kami, ikuti anjuran pengobatan dokter kandungan Anda dan lakukan kontrol setelah pengobatan selesai atau sesuai anjuran dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar