Sukses

Sariawan Yang Tak Kunjung Sembuh

13 Sep 2018, 18:58 WIB
Wanita, 15 tahun.

Dok. Saya remaja umur 15 tahun. Daya tahan tubuh saya lemah. Saya gakuat untuk berdiri lama. Dan sudah 3 bulan ini frekuensi saeiawan saya semakin sering. Kalo luka sedikit pasti langsung jadi sariawan. Saya ngerasa cape gitu dok sembuh satu ada lagi dan terus kaya gitu. 3 hari lalu saya habis cabut gigi graham dan disuntik juga giginya. Bekas suntikannyavitu jadi sariawan semua. Jadi susah untuk makan juga dok. Ini kenapa ya saya sering banget sariawan

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Hal yang utama dalam pengobatan sariawan adalah mencari faktor-faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan tersebut dalam mulut dan kemudian dikoreksi serta diperbaiki sehingga dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit ini. Seperti pada kasus Anda, sariawan berasal dari bekas suntikan pencabutan. Dan yang perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya infeksi sekunder yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut dengan menyikat gigi, membersihkan karang gigi dan merawat gigi-gigi yang berlubang serta konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral.

Mengingat luka dalam rongga mulut dapat berindikasi beberapa penyakit ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis Penyakit Mulut (SpPM) agar dapat diperiksa secara langsung dan dipastikan diagnosa dan penyebabnya, terutama bila sariawan tersebut berulang atau tidak kunjung sembuh dalam 2 minggu. Jika pada saat anda ke dokter gigi namun tidak ditemukan penyebab sariawan maka anda bisa konsultasi ke dokter umum untuk memeriksakan keadaan nutrisi dalam tubuh anda secara menyeluruh. Sementara menunggu ke dokter gigi, anda bisa berkumur dengan larutan kumur yang mengandung Chlorhexidine.

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar