Sukses

Anak Demam, dan Sakit Perut

13 Sep 2018, 16:05 WIB
Wanita, 4 tahun.

Dokter,anak sy sejak hari senin malam (hampir 1 minggu)mengalami demam dan keluhan perut sakit disekitar pusar (anak sy menunjuk disekitaran daerah situ tiap sy tanya). Rabu sy bw ke dokter sementara hanya diberi obat (parasetamol,antibiotik dan obat racikan).kamis pagi sampai malam anak sdh ceria n makan banyak tp jam 2 mlm tiba2 panas tinggi dan mengeluh sakit di perut lg. Jumat paginya disarankan unt cek urin dan darah krn dicurigai isk. Hasil lab baik smua. Sore sy inisiatif cek widal (takutnya ada tifus) hasil jg baik(smua sy konsulkan ke dokter hasil lab nya). Dokter menyimpulkan kemungkinan demam hny krn batuk (ada batuk berdahak). Setelah itu sampai minggu sore anak baik2 sj. Tp mlm nya kembali demam n mengeluh sakit di perutnya. Apakah gara2 sorenya dia makan bakso yah dok(tanpa sepengetahuan sy,dia minta ke ayahnya). Mohon advice nya mengenai keluhan anak sy. Krn sy sndri jg bingung hrs melakukan treatment spt apa. Terimakasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah bertanya tentang Anak Demam, dan Sakit Perut melalui fitur Tanya Dokter

Demam pada anak disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah kekurangan cairan (dehidrasi), kurang istirahat atau metabolisme tubuh menjadi meningkat, dan infeksi. Pada anak karena sistem kekebalan tubuh yang masih berkembang, seringkali terkena infeksi dan mengalami demam. Infeksi sendiri dapat disebabkan oleh berbagai mikroorganisme seperti viral, bacterial, dan lainnya.

Jika demam pada anak anda disertai dengan nyeri perut, maka ada kemungkinan sember infeksi berasal dari gangguan saluran cerna.

Pada infeksi viral, diharapkan tubuh dapat menghasilkan antibodi tertentu sesuai dengan infeksinya dan sembuh sendiri. Beberapa infeksi yang sering di Indonesia adalah Demam berdarah dan Demam thypoid, dimana kedua penyakit ini baru bermanifestasi setelah beberapa hari. Pada kasus anak ibu, karena demam yang diderita baru satu hari maka yang perlu diperhatikan adalah asupan cairan anak dan menurunkan demam anak.

Mengatasi demam dapat dengan cara :

istirahatkan anakberikan anak minum yg banyakkompres dahi, leher, dada, ketiak anak dengan air hangat untuk menurunkan demampakaikan anak baju yang tipisberikan obat penurun demam (parasetamol) 6x/hari sesuai dosis untuk membantu menurunkan demam (suhu > 37,5 derajat C)

Yang perlu diwaspadai apabila terjadi demam pada anak adalah kemungkinan timbulnya kejang. Kejang Demam dapat terjadi pada mereka yang memiliki genetik atau keturunan kejang ketika kecil dan suhu demam yang terlampau tinggi. Hal ini dapat dicegah dengan hal-hal yang kami sebutkan di atas. Apabila dengan cara diatas demam anak anda masih berlangsung (dalam 2-3 hari), berkonsultasilah ke dokter .

Untuk sakit perut sendiri penyebabnya bervariasi, bisa dari saluran cerna, saluran kencing maupun organ lainnya seprti lambung dan hati. Penyebab pasti sakit perut pada anak hanya bisa diketahui lewat pemeirksaan langsung oleh dokter.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait Anak Demam, dan Sakit Perut. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar